54.309 SISWA SRAGEN IKUTI BULAN IMUNISASI ANAK SEKOLAH

SRAGEN – Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hargiyanto memantau langsung kegiatan imunisasi dalam rangka Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) di SDN 1 Sragen dan SDN 15 Sragen, Selasa (30/11/2021).

Pemberian imunisasi sudah dimulai sejak Senin (29/11/2021) kemarin bagi siswa SD/MI/Sederajat kelas I, II, dan V.

“Ini memang kegiatan rutin untuk antibodi mereka. Sudah dimulai hari Senin kemarin dan hari ini semua sekolah selesai,” terang Bupati.

Data yang diperoleh dari Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen ada 54.309 siswa yang di imunisasi. Untuk kelas I, diberikan imunisasi jenis MR (Measles Rubella) sebanyak 13.178 siswa dan DT (Difteri Tetanus) sebanyak 13.178 siswa.

Kemudian untuk kelas II sebanyak 13.540 siswa dan kelas V sebanyak 14.413 siswa diberikan imunisasi dengan jenis TD (Imunisasi Tetanus).

Kepala Dinas Kesehatan, dr. Hargiyanto mengatakan imunisasi MR diberikan untuk mencegah anak-anak terkena penyakit campak. Kemudian imunisasi DT akan diberikan ulang pada siswa kelas I selang satu bulan setelah pemberian imunisasi MR.

“Disamping kita mengejar pengendalian covid-19. Kita harus tetap vaksin rutin untuk anak-anak sekolah. Jadi supaya anak-anak kita terlindungi dari campak dan dari tetanus,” terangnya.

Ia menambahkan, imunisasi segera dilakukan dengan tujuan apabila tahun depan anak dibawah 12 tahun diperbolehkan suntik vaksin Covid-19.

“Karena bulan depan harapannya jika kita diperintahkan untuk suntik Covid-19 kita sudah selesai imunisasi. Jadi kalau aturannya mereka sudah boleh vaksin Covid-19, mereka bisa vaksin Covid-19,” ujarnya. (Mega_Diskominfo)