AIPDA HARIYANTO, POLISI PENYANDANG DISABILITAS DENGAN SEGUDANG PRESTASI

SRAGEN - Keterbatasan fisik bukan menjadi halangan seseorang untuk meraih prestasi, seperti atlet panahan penyandang disabilitas asal Bumi Sukowati, Aipda Hariyanto. Berbagai penghargaan dari kompetisi tingkat lokal hingga nasional mampu ia torehkan.

Meski disabilitas, Hariyanto tercatat aktif bertugas sebagai anggota Kanit Intelkam Polsek Karangmalang, Polres Sragen.

Aipda Hariyanto menceritakan keterbatasan fisik terjadi setelah nasib nahas menimpanya. Kecelakaan sepulang melaksanakan tugas dinas mengakibatkan kaki kanannya harus diamputasi.

"Sepulang tugas dinas pengamanan, yang saya anggap ini takdir. Saya kecelakaan dan beberapa kali perawatan. Pada akhirnya harus ada tindakan amputasi," kata Aipda Hariyanto.

Berbagai prestasi dan penghargaan, sudah pernah ditorehkan Aipda Hariyanto. Diantaranya pada tahun 2016, ia mendapat satu medali perunggu dari ajang olahraga tingkat kabupaten. Kemudian, pada 2018, ia mendapat dua medali perak pada kejuaraan tingkat provinsi. Selanjutnya, tahun 2019, ia meraih satu medali emas kejuaraan tingkat provinsi.

Ia mengaku awalnya punya hobi menembak. Kemudian, tahun 2014 jatuh cinta dengan cabang olahraga panahan.

"Berawal dari hobi menembak pada 2014, karena keterbatasan fisik saya mau memilih olah raga lain karena sedikit kesulitan. Akhirnya saya memilih olahraga panahan dan setelah itu saya mencoba untuk naik ke tingkat yang serius," ungkapnya.

Sementara Kapolsek Karangmalang, AKP Supadi mengungkapkan, sebagai pimpinan Aipda Hariyanto, dirinya merasa bangga dan senang atas prestasi Hariyanto meski memiliki keterbatasan fisik.

"Sebagai pimpinan Polsek Karangmalang, sangat bahagia dan senang sekali. Saya mendukung 100 persen apa yang selama ini ia lakukan, meski memiliki keterbatasan fisik," jelas AKP Supadi.

AKP Supadi menambahkan, di balik prestasi yang diraih selama ini, tak mempengaruhi kinerja Aipda Hariyanto sebagai anggota kepolisian. Menurut Supadi, berbagai tugas kedinasan baik di dalam maupun luar kantor dapat terselesaikan dengan baik oleh Hariyanto.

"Sudah terbukti, prestasi lokal maupun nasional sudah ditorehkan. Kesibukanya yang setiap pagi dan sore latihan tak mengurangi sedikitpun kinerjanya sebagai anggota kepolisian. Malah-malah berbagai tugas dapat terselesaikan dengan baik," pungkasnya. (Miyos_Diskominfo)