BELANJA BARENG KE PASAR TRADISIONAL "PASAR SUKODONO"

Sragen – Pasar tradisional biasanya selalu identik dengan suasana kotor, kumuh, gelap dan bau serta tidak tertata dengan rapi. Namun kini, sejumlah pasar tradisional sepertinya sudah mulai berusaha merevitalisasi diri melalui program pemerintahan. Itu yang dirasakan di pasar-pasar tradisional yang ada di Kota Sragen.

Dengan penggalakan belanja di pasar tradisional sudah dimulai dari beberapa waktu lalu. Salah satunya yang dilakukan hari ini oleh Bupati Sragen beserta Wakil Bupati Sragen ke pasar Sukodono. Bupati Sragen dan Wakil Bupati Sragen mengajak masyarakat dalam Gerakan Ayo Belanja di pasar tradisional di Kecamatan Sukodono Kabupaten Sragen (Jumat, 28/2/2020).

Menurut Kepala Bidang Pembinaan dan Pengembangan Perdagangan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sragen Muhammad Farid Wajdi, S.Sos., M.Si. Bupati dan Wakil Bupati Sragen mengajak dipasar tradisional untuk membangun kepercayaan rakyat karena belanja dipasar tradisional barangnya bervariasi dan juga tidak ketinggalan dengan pasar modern. Selain itu kita juga bisa bersosialisasi langsung dengan masyarakat dan para pedagang dipasar.

Pemerintah berupaya dengan antusiasme para pegawai dari pemkab untuk berbelanja di pasar tradisional bisa menjadi contoh masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional. Berbelanja di pasar tradisional juga tidak kalah ketinggalan dengan pasar modern, di pasar tradisional juga tersedia beraneka ragam kebutuhan rumah tangga.

“Pemerintah Kabupaten Sragen melakukan pembenahan dipasar tradisional dengan perbaikan sarana dan prasarana. Di tahun 2020 ini dengan anggaran sebesar 42,5 M untuk pembangunan pasar di Kabupaten Sragen. Untuk pasar joko tingkir Nglangon sebesar 30 M dan pasar tangen sebesar 5 M dari APBD Kabupaten Sragen Tahun Anggaran 2020. Sedangkan untuk pembangunan pasar Plupuh sebesar 2,5 M dari DAK”, ungkapnya.

Selain untuk menumbuhkan rasa empati dengan masyarakat sekitar, meningkatkan animo masyarakat untuk berbelanja di pasar tradisional juga bisa untuk meningkatkan perekonomian di wilayah Kabupaten Sragen.

Adapun tujuan kita berbelanja di pasar rakyat yaitu  memanfaatkan potensi yang dimiliki disetiap daerah juga mengajak masyarakat untuk kembali berbelanja di pasar tradisional, seiring dengan menjamurnya pasar-pasar modern yang berkembang pesat saat ini juga  untuk meningkatkan pendapatan para pedagang tradisional. Ekonomi kuat, keluarga sejahtera. (DISKOMINFO/YD)