BUPATI SRAGEN KEMBALI PANTAU SERBUAN VAKSINASI

SRAGEN - Pastikan pelaksanaan serbuan vaksinasi lancar, Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati kembali turun untuk memantau jalannya vaksinasi di Puskesmas Kecamatan Ngrampal dan Puskesmas Sambungmacan, Kabupaten Sragen, Rabu (18/8/2021).

Target vaksin di dua puskesmas tersebut sejumlah 620, 380 diantaranya untuk Puskesmas Kecamatan Ngrampal, sisanya untuk Puskesmas 2 Kecamatan Sambungmacan dengan jenis vaksin Moderna dan Sinovac untuk Puskesmas Ngrampal serta vaksin Moderna untuk Puskesmas 2 Sambungmacan. Pemberian vaksin kali ini dikhususkan bagi pekerja pabrik atau buruh.

Mengingat adanya KIPI (Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi) dari jenis vaksin yang diberikan, Bupati meminta untuk diberikan libur kurang lebih satu atau dua bagi para pekerja setelah melakukan vaksin. "Libur 1 hari supaya jika badan terasa berat sedang berada dirumah. Jadi ingat libur ini diberikan supaya mengurangi kegiatan fisik. Di rumah istirahat," pesan Bupati pada para peserta vaksin.

Bupati menjelaskan dengan melakukan dua kali dosis vaksin, memberikan perlindungan sebanyak 96 persen bagi tubuh kita, sisanya tergantung bagaimana kita menjaga dan mematuhi protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak meskipun sudah vaksin.

“Efikasi dari vaksin ini sampai dengan 96 persen, dua kali dosis, kalau hanya sekali nggak mungkin sampai 96 persen, jadi harus dua kali. Hari ini disuntik, 4 minggu lagi harus disuntik untuk yang kedua,” jelas Bupati.

Mengingat efikasi dari vaksin jenis ini tinggi, Bupati mengingatkan pada peserta untuk meminum obat Paracetamol yang diberikan untuk mengurangi efek vaksin seperti nyeri badan. Hal ini mengingat hampir 80 persen orang mengalami demam, pusing maupun ngilu setelah dilakukan vaksin moderna, tergantung kondisi badan masing-masing.

Tak lupa Bupati juga mengingatkan untuk selalu jaga protokol kesehatan seperti memakai masker dan jaga jarak meskipun sudah vaksin.

"Insyaallah kita semua sudah terlindungi, dengan catatan tetap mematuhi protokol kesehatan," pesan Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga mengucapkan rasa syukurnya karena keadaan Covid-19 di Kabupaten Sragen yang sudah mulai melandai dan mulai terkendali. (Gea_Diskominfo Sragen)