BUPATI SRAGEN TERIMA 1550 SERTIFIKAT JALAN LINGKUNGAN DAN JALAN KABUPATEN

SRAGEN - Tahap akhir proses persertifikatan yang dianggarkan tahun 2021 sebanyak 1550 bidang dengan progress selesai diserahkan secara simbolis kepada Bupati Sragen Kamis (31/3/22) di Ruang Transit Rumah Dinas Bupati Sragen.  Penyerahan simbolis tersebut diserahkan oleh Kepala BPN Sragen Arief Syaifullah sebanyak 10 bidang berupa  sertifikat untuk jalan lingkungan dan sertifikat untuk jalan kabupaten tersebut kepada Bupati Sragen didampingi Wakil Bupati Sragen dan disaksikan Sekda Sragen serta kepala OPD.

Jumlah bidang tanah milik pemkab sragen yang sudah tersertifikat sebanyak 1799 bidang dari total keseluruhan aset tanah yang sudah terdata 2305 bidang. Sehingga masih ada 506 bidang yang belum bersertifikat yang akan diselesaikan ditahun 2022

Menurut Kepala BPN Sragen Arif Syaifullah hasil kesepakatan bersama pemkab sragen menargetkan penyelesaian sekitar 900 bidang untuk tahun 2022 dari awal rencana sertifikat sebanyak 300 bidang.

“Seluruh anggaran dikeluarkan oleh Pemkab Sragen dan BPN sebagai pelaksana operasional. Tahun ini belum tuntas semua, dan masih ada 300an bidang yang sudah diukur. Sambil menunggu perubahan anggaran di tahun 2022 ada tambahan sebanyak 900 bidang.” ungkap Arif.

Kepala BPKPD Sragen Dwiyanto menambahkan dari 900 bidang tersebut sebagian besar merupakan sertifikat  jalan dan ada 10 kecamatan yang belum dilakukan pengukuran.

“Yang kita utamakan adalah sertifikat jalan-jalan besar perkotaan seperti wilayah Sragen kota dan kecamatan karangmalang telah kita selesaikan. Semoga tidak sampai 10% dapat terseleaikan ditahun 2023. Semua ini dapat berjalan karena program tindak lanjut dari KPK karena salah satu target MCP KPK adalah mentertibkan barang milik daerah salah satu diantaranya aset tanah.” Imbuh Dwiyanto.

Selanjutnya Bupati Sragen dr Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi kinerja BPN dalam menyelesaikan seluruh sertifikat aset tanah khususnya sertifikat jalan milik kabupaten sragen. Penyerahan ribuan sertifikat tersebut diterima Bupati Sragen bukan karena prestise kebanggan sragen melainkan karena kredibilitan kinerja BPN dalam pengelolaan sertifikat.

Sebagai bentuk apresiasi Bupati Sragen menyerahkan piagam penghargaan kepada kepala BPN Sragen atas partisipasi dan Kerjasama dalam penyelesaian persertifikatan sebanyak 1550 bidang aset tanah milik pemerintah kabupaten sragen tahun anggaran 2021.

Dalam kesempatan tersebut dilaksanakan pula Penandatanganan Berita Acara antara Pemkab Sragen dengan Kantor Pertanahan Kabupaten Sragen tentang kesepakatan penyusunan rencana detail Tata Ruang (RDTR) online single submission (OSS) Kawasan kota industri sambungmacan -gondang.

 

Penulis : Mira_DIskominfo

Editor  : Yuli_DIskominfo