BUPATI SRAGEN TERIMA OBOR API ABADI PESONAS 2022

SRAGEN - Sragen menerima api abadi dalam rangka pelaksanaan Pekan Special Olympic Nasional (Pesonas) 2022. Api pada Obor Pesonas diterima langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Kamis (27/01/2022).

Api dari sumber api abadi Mrapen tersebut kemudian disematkan pada kaldron mini yang berada di pendopo. Kabupaten Sragen adalah Kabupaten ke-9 setelah menerima obor dari Kabupaten Demak. Dan akan berlanjut di Kabupaten Karanganyar Senin mendatang.

Usai menerima obor, Bupati Yuni berharap partisipasi Kabupaten Sragen pada Pesonas 2022 akan menjadi pendorong meningkatnya rasa empati masyarakat terhadap anak-anak berkebutuhan khusus. Dengan begitu, pada saatnya nanti anak-anak berkebutuhan khusus tersebut akan mandiri dan juga mampu mencetak berbagai prestasi baik nasional maupun internasional.

Bupati mengakui bahwa anak berkebutuhan khusus adalah anak bertalenta khusus yang wajib diberi apresiasi keamampuannya. Karena mereka mampu memberikan kontribusi baik tingkat nasional maupun internasional dalam bidang olahraga dan seni.

“Luar biasa, salah satu kemajuan pendidikan dapat terlihat di bidang olahraga, dan pada hari ini kita bersama menyalakan api semangat khususnya untuk anak berkebutuhan khusus di Kabupaten Sragen dengan harapan api semangat tetap menyala sampai daerah lain,” harap Bupati.

Rangkaian kegiatan kirab Obor Pesonas selama di Kabupaten Sragen berlangsung mulai tanggal 27 sampai 30 Januari 2022 bertempat di Pendopo Bupati dan Pendopo Wakil Bupati Sragen. Rangkaian Diantaranya, penerimaan obor, talkshow parenting, exhibisi seni dan budaya, olahraga bocce dan Sosialisasi Pendidikan Anak Berkebutuhan Khusus. Selanjutnya pada tanggal 31 Januari 2022 obor ini akan diserahkan kepada pemerintah daerah Kabupaten Karanganyar.

Ketua SOIna Kabupaten Sragen, Tatag Prabawanto mengatakan, selama obor Pesonas singgah di Kabupaten Sragen, akan digelar berbagai kegiatan yang berlokasi di halaman pendopo kabupaten setempat

“Selama obor Pesonas ini singgah di Sragen, anak bertalenta khusus akan kita ajak untuk mengaktualisasikan diri melalui lomba, seni, dan kreasi yang menarik lainnya,” ungkapnya.

Tatag berharap, ajang Pesonas 2022 dapat mencetak atlet bertalenta khusus, yang akan mewakili Indonesia pada event Spesial Olympic World Summer Game di Berlin Jerman pada 2023 mendatang.

“Paling tidak memberikan pemahaman kepada kita bahwa anak – anak disabilitas memiliki talenta – talenta yang bisa mengharumkan nama Bangsa Indonesia,” harap Tatag.

Pada penerimaan Obor Pesonas kali ini, kegiatan juga diisi dengan penampilan anak-anak berkebutuhan khusus, mulai dari menari, menyanyi hingga membatik.

Reporter : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo