BUPATI YUNI AJAK MASYARAKAT AKTUALISASIKAN NILAI-NILAI PANCASILA

SRAGEN - Jajaran Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila yang digelar secara nasional melalui virtual, Rabu (1/6/2022). Upacara ini juga diikuti Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dan jajaran Forkopimda Sragen serta jajaran OPD se-Kabupaten Sragen.

Upacara Hari Lahir Pancasila dipusatkan di Lapangan Pancasila, Ende, Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo bertindak sebagai inspektur upacara.

Dalam upacara kali ini, Presiden mengenakan baju adat Ende, yakni Ragi Lambu-Luka Lesu lengkap dengan penutup kepala.

Bertindak sebagai komandan upacara, Kolonel Inf Tanjung Setyabudi (Komandan Brigade Infanteri/21 Komodo, Kodam Udayana). Kemudian bertindak selaku pembaca naskah Pancasila adalah Ketua MPR Bambang Soesatyo.

Sementara itu, Wakil Ketua DPR Lodewijk Frederick akan membacakan naskah UUD 1945. Sementara doa setelah pemberian amanat dari inspektur upacara dibacakan oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Dalam amanatnya, Presiden Joko Widodo mengajak seluruh elemen bangsa untuk mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Presiden menyampaikan Pancasila bukan hanya telah mempersatukan bangsa, Pancasila juga telah menjadi bintang penuntun ketika bangsa Indonesia menghadapi tantangan dan ujian-ujian serta telah dibuktikan dalam sejarah perjalanan bangsa.

“Inilah tugas kita bersama, tugas seluruh komponen bangsa, menjadikan Pancasila sebagai ideologi yang bekerja, yang dirasakan kehadirannya, dan dirasakan manfaatnya oleh seluruh tumpah darah Indonesia. Saya mengajak seluruh pemimpin bangsa, para pejabat pemerintahan, tokoh agama masyarakat, para pendidik, para pemimpin parpol dan ormas untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai Pancasila, dan mengajak masyarakat untuk bergerak aktif memperkokoh nilai Pancasila dalam mewujudkan Indonesia maju, dan mewujudkan cita-cita kemerdekaan,” paparnya.

Usai upacara, Bupati Yuni berpesan agar masyarakat mengimplementasikan dan mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Implementasikan, aktualisasikan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari.

"Jangan sampai budaya ini lepas. Inilah rule of the law Bangsa Indonesia. Kita seharusnya jangan membiarkan negara kita terus terpuruk. Kita harus mengaktualisasikan nilai – nilai Pancasila dalam setiap kehidupan kita masing – masing," terangnya.

"Kita jangan hanya menjadi penonton ulung, yang hanya mampu mengkritik, janganlah kita menjadi pembaca – pembaca yang baik, tapi kita harus mewujudkannya good govermance dalam setiap kehidupan kita dalam berbangsa dan bernegara," pesan Bupati.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo