BUPATI YUNI DAN JAJARAN FORKOPIMDA IKUTI KOORDINASI PELAKSANAAN PPKM MIKRO BERSAMA MENKO PEREKONOMIA

SRAGEN - Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati beserta jajaran Forkopimda Sragen dan OPD terkait mengikuti rapat secara virtual mengenai koordinasi evaluasi perkembangan pelaksanaan PPKM Mikro yang dipimpin oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto yang diikuti oleh seluruh Gubernur dan Bupati se-Indonesia, Senin (14/6/2021) malam, bertempat di Aula Sukowati Setda Sragen.

Pada kesempatan tersebut, Menko Perekonomian Airlangga Hartarto mengutarakan, sesuai instruksi Presiden berdasarkan Tren kenaikan kasus maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas tempat tidur diseluruh rumah sakit ditingkatkan 40 persen, khususnya Kabupaten/Kota dengan zonasi merah dan bed occupancy rate (BOR) diatas 60 persen.

Pihaknya menambahkan penerapan PPKM Mikro yang diperpanjang terutama di wilayah yang berzona merah. Untuk 10 provinsi tertinggi kasus Covid-19, akan dievaluasi tentang penerapan PPKM Mikro yang dijalankan untuk mengetahui update jumlah kasus aktif perbulan dan per-Provinsi.

"Sesuai arahan Bapak Presiden berdasarkan Tren kenaikan kasus maka perlu dilakukan peningkatan kapasitas tempat tidur diseluruh rumah sakit ditingkatkan 40 persen terutama untuk Kabupaten/Kota dengan zonasi merah dan BOR diatas 60 persen. Bagi Daerah yang merah perlu di siapkan tempat tidur di Rumah Sakit Kabupaten/Kota terdekat ataupun di Ibukota Provinsi" imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Menteri Airlangga Hartanto menginstruksi Kepala Daerah agar penyiapan hotel untuk isolasi diharapkan bisa disiapkan. Hal lainnya yang disampaikan yakni terkait percepatan pelaksanaan vaksinasi, akselerasi pelaksanaan vaksinasi untuk Kabupaten/Kota dengan zona tinggi risiko merah, sesuai arahan Presiden target vaksinasi adalah 1 Juta perhari di Bulan Juli.

"Untuk Bupati/Walikota agar trennya dikendalikan agar tidak mengganggu pemulihan ekonomi dan diperlukan kekuatan kerjasama antara Pemerintah Pusat dan Daerah terutama penebalan dari PPKM Mikro, terus diperpanjang sambil dilakukan evaluasi", tandas Airlangga Hartanto.

Rapat tersebut juga menekankan pentingnya penerapan 5M serta dukungan dari berbagai pihak diharapkan dapat membantu berjalanya PPKM Mikro agar dapat berjalan baik.

Sementara, terkait Kegiatan Belajar Mengajar (KBM), wilayah zona merah akan menerapkan 100% KBM secara daring, sedangkan di zona orange dan hijau dapat dilakukan kegiatan pembelajaran tatap muka secara terbatas. (Miyos _Diskominfo)