BUPATI YUNI PIMPIN APEL GELAR PASUKAN OPERASI LILIN CANDI 2021 UNTUK PENGAMANAN NATARU

SRAGEN â€“ Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati memimpin apel gelar Pasukan kesiapan operasi lilin tahun 2021 yang diikuti unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), TNI dan Polri di Lapangan Wira Pratama Mapolres Sragen, Kamis, (23/12/2021) pagi.

Sebanyak 1.100 personel dari Polres, Kodim, Pemkab dan instansi lain di Sragen yang dikerahkan untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Dalam kesempatan itu, Bupati Yuni membacakan sambutan dari Kepala Kepolisian Republik Indonesia (Kapolri), Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menyampaikan bahwa, Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir bentuk kesiapan pelaksanaan operasi lilin candi 2021 dalam rangka pengamanan perayaan Natal dan Tahun Baru tahun 2022.

Jenderal Listyo melanjutkan, Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata yang akan meningkatkan aktivitas pada pusat keramaian, peningkatan aktivitas masyarakat.

"Ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, gangguan lantas dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19," Ungkap Jenderal Listyo dalam isi amanatnya.

Oleh karena itu, Kepolisian Republik Indonesia mengadakan operasi lilin yang dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022 mendatang.

Tentu dengan mengedepankan kegiatan promotive dan preventive serta humanis serta penegakan hukum secara tegas dan profesional tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19 sehingga masyarakat merayakan Natal dan tahun baru dengan rasa aman dan nyaman.

Pada pelaksanaan Operasi Lilin tahun 2021, sejumlah langkah - langkah telah dipersiapkan guna mendukung berhasilnya kegiatan ini, baik dari sudut perencanaan, aksi serta penindakan, sarana dan prasarana yang dianggap vital bahkan melibatkan sejumlah aparat.

Sementara, Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi mengatakan jika Pemkab Sragen, Polres dan Kodim 0725/Sragen sangat siap untuk mengamankan kegiatan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.

"Meskipun kegiatan natal dan tahun baru saat ini masih dalam kondisi pandemi Covid-19, kami bersepakat untuk meminimalisir dengan melakukan penutupan jalan sekitar Alun-Alun Sragen. Mulai 31 Desember sampai dengan tanggal 1 Januari 2022," terang Kapolres Sragen.

Antisipasi nataru ini telah disiapkan 9 pos pengamanan, diantaranya 5 pos pengamanan gereja dan 4 pos pelayanan yang ada di dua rest area 519 A dan B serta dua exit tol di Pungkruk Sidoharjo dan Toyogo Sambungmacan.

"Ingat bahwa ini merupakan suatu ujian bagi kita yang kita bisa melewati dengan baik maka InsyaAllah pandemi akan segera berakhir di Indonesia,Aamiin" harapnya. (Miyos_Diskominfo)