DESA SUKOREJO KEC SAMBIREJO DAN DESA BANYUURIP KEC JENAR RAIH PENGHARGAAN DESA MANDIRI ENERGI

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Bappeda Litbang dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa mendukung terwujudnya desa di Sragen menjadi Desa Mandiri Energi.

Hal tersebut terbukti dengan diraihnya penghargaan Desa Mandiri Energi tingkat Provinsi Jawa Tengah oleh Desa Sukorejo, Kecamatan Sambirejo dan Desa Banyuurip Kecamatan Jenar.

Ajang Desa Mandiri Energi Tahun 2022 ini diselenggarakan oleh Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Jawa Tengah di Hotel Solia Zigna Laweyan Surakarta, Kamis (21/4/2022).

Dalam ajang ini Desa Sukorejo mendapat penghargaan dengan kategori mapan dan Desa Banyuurip mendapat penghargaan dalam kategori berkembang.

Dua desa tersebut memanfaatkan fermentasi kotoran ternak untuk menghidupkan kompor gas dan lampu penerangan. Dengan begitu, kebutuhan energi tidak lagi bergantung dari listrik PLN maupun gas tabung Pertamina.

Desa Energi Terbarukan merupakan cikal bakal Desa Mandiri Energi (DME) merupakan alternatif pemecahan masalah penyediaan energi. Disamping itu pengembangan Program DME diharapkan dapat mengurangi tingkat kemiskinan (Pro-Poor), memperkuat ekonomi nasional (Pro-Growth) dan memperbaiki lingkungan.

Dengan diadakannya kegiatan bisa mendorong pengembangan energi baru terbarukan dengan prinsip konservasi dan/atau diversifikasi, yang menghasilkan produk nyata secara fisik sebagai hasil inovasi dan pengembangan teknologi baru menuju Kemandirian Energi Daerah.

“Terima kasih atas penghargaan desa mandiri energi kategori mapan tahun 2022. Dengan penghargaan ini membawa semangat baru untuk mengembangkan Desa Sukorejo yang inovatif dengan memanfaatkan energi baru terbarukan dalam pengembangan integrasi pertanian organik, peternakan, perikanan dan pariwasata.”, ungkap Kepala Desa Sukorejo Sukrisno, S. Pd. SD., SH.

 

 

Penulis : Mega_Diskominfo

Editor   : Rofi_Diskominfo