DINAS KESEHATAN KABUPATEN SRAGEN GELAR PAMERAN INOVASI KESEHATAN KE-3

SRAGEN - Sebanyak 25 puskesmas yang ada di Sragen berperan promotif dan preventif. Puskesmas memang harus menjadi media yang paling utama untuk memberikan edukasi untuk masyarakat.

Hal tersebut disampaikan Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati dalam sambutannya pada acara PIKES 3-Hybrid di Pendopo Rumdin Bupati Sragen, Sabtu (27/11/2021).

PIKES 3-Hybrid ini mengangkat tema "Bangkit, Tumbuh dan Inovatif Bersama Insan Kesehatan Kabupaten Sragen".

"Saya bersyukur karena 25 puskesmas sudah berperan dengan optimal. Inovasinya luar biasa, ada yang fokus dimasalah stunting, kemudian ada yang fokus dimasalah tuberkulosis," terang Bupati dalam sambutannya.

Inovasi-inovasi ini diharapkan tidak berhenti dan terus digali ditahun-tahun berikutnya. Salah satu inovasi diharapkan Bupati bisa maju ditingkat nasional.

"Inovasinya jangan berhenti, tahun depan mulai lagi digali. Ini akan menjadi momentum yang luar biasa. Salah satu inovasi di Puskesmas nantinya harus bisa maju di tingkat nasional," harapnya.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen dr. Hargiyanto dalam laporannya menyampaikan PIKES diikuti 36 stand.

"Puskesmas 25 peserta, Rumah Rumah Sakit Negeri dan Swasta se Kab. Sragen 11 peserta, Dinas Kesehatan 2 peserta, Labkerdsa 1 peserta" terangnya.

Ia menambahkan dimasa pandemi Covid-19 perlu mencari terobosan-terobosan atau gagasan-gagasan guna akselerasi penanganan masalah-masalah kesehatan seperti Covid-19, Stunting, Kematian Ibu dan Bayi serta permasalahan-permasalahan lainnya yang belum terselesaikan. Salah satu caranya dengan melakukan promosi dan edukasi kesehatan.

"Pameran Inovasi Kesehatan merupakan upaya yang dilakukan untuk peningkatan kesehatan masyarakat tentang masalah-masalah kesehatan yang saat ini sedang dihadapi," terangnya.

Karena masih dalam masa pandemi Covid-19 dan untuk tetap mematuhi protokol Kesehatan, maka masyarakat yang bisa mengunjungi PIKES 3-Hybrid ini adalah masyarakat yang mendapatkan undangan dari panitia.

Acara ini diselenggarakan secara Hybrid yaitu melalui offline atau membuka stand-stand bagi peserta pameran serta disiarkan secara on line/streaming melalui akun Youtube agar bisa diakses oleh masyarakat luas.

Acara yang digelar oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Sragen dengan bekerjasama PT Mitra Media Bangsa Solo ini menghadirkan artis Ndarboy Genk serta dimeriahkan oleh band lokal. (Mega_Diskominfo)