DUA JEMBATAN GANTUNG DI KECAMATAN MASARAN AKAN DIPERBAIKI DPU SRAGEN TAHUN INI

SRAGEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen melalui Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen tahun 2022 ini akan memperbaiki dua jembatan gantung yang terletak di Kecamatan Masaran.

Dua jembatan gantung itu merupakan jembatan vital penghubung Desa Pilang (Kecamatan Masaran) dengan Desa Gedongan (Kecamatan Plupuh), serta jembatan gantung di Kedusan, Desa Sidodadi (Kecamatan Masaran).

Untuk memastikan kondisi jembatan gantung tersebut, Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati, Suroto, Kepala DPU Sragen, Raden Suparwoto dan sejumlah pejabat lainnya meninjau salah satu jembatan gantung yang berada di Pilang, Masaran dengan bersepeda santai, Jumat (25/3/2022).

Usai melihat langsung kondisi jembatan gantung penghubung Desa Pilang (Masaran) dan Desa Gedongan (Plupuh) Bupati Yuni mengatakan ada salah satu tali jembatan yang terbuat dari baja itu terputus. Tali yang berada di sisi kanan dan kiri jembatan. Akibatnya, kondisi jembatan bergoyang saat dilewati.

"Kami minta Dinas Pekerjaan Umum untuk memperbaiki jembatan itu sekaligus menyelesaikan pembebasan lahan untuk pembangunan jembatan permanen. Targetnya pembebasan lahan bisa selesai tahun ini sehingga tahun depan sudah bisa dibangun," terangnya.

Sementara Kabid Bina Marga DPU Sragen, Albert Pramono Soesanto, membenarkan bahwa kondisi jembatan di Desa Pilang itu tidak lurus karena ada tali yang putus. Menurutnya jembatan bisa lurus kembali setelah tali baja diperbaiki.

"Nanti rangka bawahnya diganti supaya lebih kuat. Jembatan ini merupakan jembatan buatan tahun 2001 lalu. Targetnya sebelum Lebaran bisa selesai. Dana itu dari anggaran pemeliharaan rutin," ujarnya.

Selain itu, Albert mengatakan perbaikan jembatan juga dilakukan pada Jembatan Gantung Sidodadi. Tetapi, Albert menyebut kondisi jembatan Gantung Sidodadi tidak terlalu parah sehingga kebutuhan anggarannya tidak sebanyak seperti Desa Pilang.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo