GOWES KE DESA KECIK BUPATI YUNI ZIARAHI MAKAM PANGERAN SUKOWATI

SRAGEN -  dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati Bupati Sragen kembali mengajak para ASN untuk berolah raga dipagi hari. Salah satu kegiatan murah meriah dan menyehatkan ini rutin dijalankan pemimpin nomor satu di kabupaten sragen. Didampingi Wakil Bupati Sragen H. Suroto, Sekda Sragen para asisten sekda dan sejumlah kepala OPD antusias mengikuti gowes pagi ini Jumat (18/03/2022).

Rute perjalanan pada kali ini menuju Makam Pangeran Sukowati yang berada di Desa Kecik kecamatan Tanon. Bupati Yuni dan rombongan berangkat jam 5.30 wib start dari Pendopo Rumah Dinas Bupati Sragen kearah barat melewati Alun-alun Sasana Langen Putro, kemudian Pungkruk ke arah exit tol sragen.

Setelah melewati exit tol sragen, rombongan gowes menuju Gawan ke arah Bumdes Tanon untuk beristirahat.  Seluruh peserta melepas lelah kurang lebih 30 menit lamanya. Selanjutnya rombongan kembali melanjutkan perjalanan rute terakhir melalui desa kecik. Hamparan sawah nan hijau membuat suasana desa kecik indah dan menawan sehingga seluruh peserta gowes bahagia dan semangat.

Akses menuju makam Pangeran Sukowati yang melewati kantor kepala desa kecik ini sangatlah mudah. Jalan yang luas dan leluasa memudahkan pengguna kendaraan bermotor untuk melintas. Akhirnya rombongan tiba di makam Pangeran sukowati. Makam tersebut mempunyai peranan penting bagi sejarah perjuangan Kabupaten Sragen. Untuk mengenang sejarah kabupaten sragen setiap bulan mei Pemkab Sragen melaksanakan ziarah lokal salah satunya ke makam Pangeran Sukowati.

Pangeran Sukowati yang terkenal dengan nama Pangeran Mangkubumi merupakan seorang bangsawan muda yang membenci penjajahan belanda. Beliau berperang melawan Belanda melewati berbagai desa sampai akhirnya masuk di tlatah sukowati. Kemudian beliau meninggal serta dimakamkan di lokasi tersebut.

Bupati Yuni dan rombongan sejenak beristirahat menikmati suasana makam yang adem dan rindang. Banyak pepohonan randu yang mengitari makam tersebut. Kompleks makam yang dikelilingi oleh tembok dengan bebatuan itu membuat susana tampak indah. Setelah beristirahat Bupati Yuni masuk ke dalam pelataran makam untuk kemudian berziarah bersama mendoakan leluhur yang telah berjasa bagi bumi sukowati.

Selesai ziarah Bupati Yuni dan seluruh rombongan kembali ke sragen dan siap untuk kembali melakukan aktifitas selanjutnya.


 

Penulis : Mira_Diskominfo

Editor   : Yuli_Diskominfo