KEREN, PEMKAB SRAGEN RAIH PENGHARGAAN SMART GOVERNANCE DARI KEMENKOMINFO

SRAGEN - Di penghujung tahun 2021, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen kembali menorehkan prestasi di tingkat Nasional. Selasa (14/12/2021), Kabupaten Sragen menerima penghargaan Smart City atau Kota Cerdas 2021 kategori “Smart Governance” (Tata Pemerintahan) dari Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo).

Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo), Johnny Gerald Plate kepada Wakil Bupati Sragen, Suroto, di Indonesia Convention Exhibition (ICE), BSD City, Tangerang.

Usai menerima penghargaan, Wakil Bupati Sragen, Suroto mengapresiasi semua Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Sragen yang telah melaksanakan program dan rencana aksi Smart City sehingga di tahun 2021 ini bisa kembali mendapatkan penghargaan dari Kementerian Kominfo Republik Indonesia. Dengan harapan ke depan dipertahankan dan ditingkatkan untuk kemaslahatan bersama masyarakat Kabupaten Sragen.

“Alhamdulillah, Pemkab Sragen menerima penghargaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, atas Implementasi Program Smart City kategori Smart Governance” ungkap Wabup.

Dengan diraihnya penghargaan ini, Pemerintah Kabupaten Sragen akan mendorong semua OPD melaksanakan program dan rencana sesuai yang tertuang dalam Masterplan Smart City sehingga penyelenggaraan pelayanan publik dan penyelenggaraan pemerintahan berjalan dengan cara- cara yang lebih efektif dan efisien.

Kepala Dinas Kominfo Kabupaten Sragen, Yuniarti yang turut hadir mendampingi Wabup menjelaskan jika sejak tahun 2019 Kabupaten Sragen telah terpilih mengikuti gerakan 100 kota / kabupaten menuju Smart City. Ada 6 dimensi yang telah direalisasikan sesuai dengan masterplan yang dibuat menuju smart city.

“Mulai dari, smart governance, smart branding, smart living, smart economy, smart living, dan smart environment. Dalam evaluasi juga ditanyakan impact yang nyata dari smart governance itu, mulai dari capaian WTP 6 kali, peningkatan Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP), peringkat nasional nilai LKPPD Kemendagri,” terangnya.

Yuniarti menambahkan ada tiga program Quickwin yang mengantarkan Sragen menerima penghargaan “Smart Governance” adalah pelayanan tehadap inovasi e-Pos (Pencairan Ora Suwe-suwe), pengembangan desa wisata Pasar Bahulak dan taman kota Sragen Harmony Hijau.

“Ada aplikasi e-Pos yang dikembangkan yang terintegrasi dengan tanda tangan elektronik, kemudian pengembangan desa wisata Pasar Bahulak Nusantara untuk meningkatkan ekonomi masyarakat sekaligus melestarikan cagar budaya. Ketiga taman kota Sragen Harmony Hijau untuk Meningkatkan partisipasi pihak swasta terhadap infrastruktur smartcity,” kata Yuniarti. (Miyos_Diskominfo)