KESERUAN BUPATI YUNI DAN KEPALA OPD IKUTI LOMBA MEMASAK SOTO KHAS JAWA

SRAGEN - Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menunjukkan kepiawaiannya memasak saat menjadi salah satu peserta lomba memasak 'Soto Khas Jawa' dalam rangkaian peringatan Hari Jadi Sragen ke-276, Kamis (12/5/2022).

Bak chef (koki) profesional, Orang nomor satu di Sragen ini mengolah bahan mulai dari mengupas dan menghaluskan bumbu dasar alami dengan cobek.

Lomba masak yang digelar di halaman Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen ini juga diikuti oleh Wakil Bupati Sragen, Suroto, Sekda, Tatag Prabawanto serta para pejabat eselon II dan III di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Sragen.

Total ada sebanyak 51 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang mengikuti lomba memasak tersebut. Satu OPD atau satu tim terdiri dari tiga peserta.

Sedangkan tim Bupati Yuni yang merupakan peserta kehormatan terdiri dari empat peserta. Mereka adalah, Asisten I Setda Sragen, Joko Suratno , Asisten II, Tugiyono dan Asisten III, Simon Nugroho Sri Yudanto

Tepat pukul 09.02 WIB, Bupati Yuni membuka lomba dengan memukulkan sutil ke panci sebagai tanda dimulainya lomba. Para peserta pun segera bergegas melakukan praktek memasak.

Keseruan terjadi, ketika masing-masing para kepala OPD membawa supporternya untuk memberikan dukungan berupa yel-yel, sehingga suasana acara tersebut semakin gemuruh dan terus beratmosfer persaingan dengan penuh canda.

Bupati Yuni mengaku lomba masak menjadi tradisi dalam perayaan Hari Jadi Sragen pada setiap tahun. Tetapi, dua tahun sebelumnya tidak diselenggarakan karena pandemi Covid-19.

"Pada tahun-tahun sebelumnya kami menyelenggarakan lomba masak bakmi jawa dan tumpang yang menjadi makanan khas Sragen," ungkap Bupati.

Pada Hari Jadi 2022 ini, Bupati memilih masakan soto karena soto menjadi salah satu ciri khas kuliner Sragen.

"Soto kesenangan kita semua, Soto khas Kabupaten Sragen rasanya enak semua. Ada soto daging, ada soto ayam yang menjadi ciri khas kita," lanjutnya.

Para Kepala Dinas, Kepala Badan, dan Camat sudah menyiapkan menu pendukung di meja penjurian, seperti tahu, tempe, karak, dan aneka buah. Mereka juga memberi nama menu soto sesuai potensi masing-masing.

Semua masakan soto itu dinilai tim juri dari Chef Hotel Front One Sragen, pemilik Soto Pare Mondokan, dan pemilik warung Soto Ledokan di Karangdowo, Sragen Tengah.

Tim Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, menjadi juara I, sementara Juara II direbut Tim Wakil Bupati (Wabup) Sragen dan juara III diraih tim Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Tata Ruang (Disperkimtaru) Sragen.

Selain tiga juara tersebut, panitia juga menambah tiga juara harapan, yang diberikan kepada tim Kecamatan Masaran, Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan.

Ketua panitia lomba masak, dr. Hargiyanto mengingatkan kepada peserta lomba untuk mematuhui tata tertib yang ada. Diantaranya agar semua peserta dapat menyelesaikan dan menyajikan hasil masakannya dalam waktu 60 menit.

Kemudian pada saat proses memasak, para peserta tidak boleh menggunakan bumbu instan juga tidak boleh melihat catatan resep masakan.

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo