KETUA DPR RI PUAN MAHARANI RESMIKAN PENATAAN WISATA THE NEW KEMUKUS

SRAGEN - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) Republik Indonesia (RI), Puan Maharani meresmikan penataan wisata The New Kemukus, Rabu (27/4/2022).

Acara peresmian tersebut Puan Maharani didampingi Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono dan Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Tempat wisata unggulan Bumi Sukowati ini dulunya punya citra negatif, kini dijadikan tempat wisata religi dan keluarga. Kawasan wisata The New Kemukus ditata oleh Pemerintah pusat sejak Oktober 2020, dan selesai di akhir 2021 lalu.

Dalam sambutannya, Ketua DPR RI, Puan Maharani mengapresiasi perubahan wajah dan citra kawasan Gunung Kemukus. Ia berharap, wajah baru destinasi wisata itu dapat mendorong kebangkitan pariwisata Sragen dan meningkatkan perekonomian UMKM di kawasan Gunung Kemukus.

"Saya berharap ke depan, kalau ke Sragen salah satu tujuan adalah Gunung Kemukus. Jadi, bisa mengubah citra Gunung Kemukus yang dulu , menjadi citra yang lebih baik. Bisa membawa berkah dan faedah bagi masyarakat Sragen dan sekitarnya," ucap Puan.

Ia meminta Pemkab Sragen benar-benar menggarap potensi wisata di Gunung Kemukus itu sehingga benar-benar memiliki daya tarik untuk dikunjungi wisatawan.

Salah satu yang bisa digarap adalah wisata edukasi. Tujuannya, agar The New Kemukus bisa memiliki citra yang kuat sebagai tempat wisata keluarga.

"Tentu saja edukasi untuk anak-anak kalau di sini tadi banyak keramba-keramba saya tanya itu keramba di waduk ini ikannya apa? Mungkin itu juga bisa menjadi salah satu wisata edukasi buat anak-anak," paparnya.

Puan berharap terjadi peningkatan jumlah pengunjung kawasan wisata Gunung Kemukus pada Lebaran 2022 ini.

Sementara Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menceritakan sejarah Gunung Kemukus yang dulunya dikenal sebagai tempat wisata religi berstigma negatif.

"Kami mempunyai keinginan untuk meluruskan sejarah, dimana di lokasi objek wisata ada makam Pangeran Samudra yang seharusnya ziarah dengan tidak melakukan hal-hal yang negatif biasanya pada setiap malam Jumat pon," kata Bupati.

Bupati menambahkan kegiatan revitalisasi objek wisata religi New Kemukus Sragen dilakukan antara lain pada Gerbang Barong, Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Sumberlawang, RTHP Sendang Ontrowulan, visitor center, penataan situs Makam Pangeran Samudra, sirkulasi jalan lingkungan, dan fasilitas klinik.

"Kami berharap wisatawan Nusantara dapat mengunjungi di objek wisata religi New Kemukus Sragen, sekaligus dapat menumbuhkan perekonomian UMKM warga sekitar," lanjutnya.

Pengelolaan The New Kemukus rencananya diserahkan sepenuhnya kepada Pemerintah Kabupaten Sragen. Diharapkan tempat itu terintegrasi dengan pengembangan destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Solo-Sangiran. Di kompleks New Kemukus juga akan ada museum edukasi. Rencananya, museum ini akan diisi barang-barang lawas, seperti payung, langse, gebyok, dan barang lainnya.

Usai peresmian, Puan juga menyerahkan bantuan gerobak untuk sejumlah UMKM yang ada di kawasan objek wisata. Dan dilanjutkan dengan peninjauan vaksinasi Covid-19 yang telah disiapkan di halaman sendang Ontrowulan.


Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo