KIDS TAKE OVER, 2 SISWA GANTIKAN PERAN BUPATI SRAGEN DAN KA DP2KBP3A DALAM PERINGATAN HARI ANAK SEDUNIA

SRAGEN – Pada peringatan Hari Anak Sedunia, 2 siswa asal Sragen berkesempatan menggantikan peran Bupati Sragen dan Kepala Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) selama 2 jam dalam kegiatan “Kids Take Over” di Ruang Command Center Komplek Setda Kabupaten Sragen, Sabtu (20/11/2021).

Kegiatan juga dihadiri oleh Kepala Bappeda Litbang Zubaidi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Yuniarti, serta Kepala DP2KBP3A Udayanti Proborini.

Siswa kelas XII SMA N 3 Sragen, Putri Regita berkesempatan menjadi Bupati Sragen. Kemudian Lintang Angrenggani Kusuma Ratri, siswa kelas X SMA N Gondang menjadi Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A).

Mereka berperan dalam posisi tersebut pada Rapat Koordinasi secara daring yang akan membahas tentang masalah-masalah anak dengan tema “Kesehatan Mental di Masa Pandemi”.

Selain mereka, Iid siswa SMA MTA Solo juga berkesempatan hadir mewakili Forum Anak Sukowati (Forasi) Sragen.

Kegiatan diikuti oleh  35 Kabupaten/Kota se Jawa Tengah. Posisi Gubernur, Kepala Dinas P3A Provinsi Jawa Tengah serta posisi Bupati/Walikota dan Kepala DP2KBP3A di 35 Kabupaten/Kota, semua digantikan oleh anak-anak yang telah terpilih untuk membicarakan isu mengenai partisipasi anak yang sudah dipenuhi di daerah masing-masing.

Kegiatan ini dilaksanakan untuk menyuarakan tentang pentingnya orang dewasa mendengarkan dan memberikan kesempatan bagi anak-anak untuk bersuara. Utamanya dalam situasi Pandemi COVID-19, dimana di tengah ketidakpastian dan dampak negatif yang muncul bagi anak-anak.

Sehingga anak-anak dapat menunjukan kreatifitasnya dan mengajukan solusi terhadap permasalahan-permasalahan anak yang terjadi. (Mega_Diskominfo)