KUKUHKAN FKKD PERIODE 2022-2025, BUPATI YUNI AJAK PEMDES BERSINERGI

SRAGEN - Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengukuhkan Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Se Kabupaten Sragen masa bakti periode tahun 2022-2025, Rabu (9/3/2022) yang diselenggarakan di Gedung Kartini Sragen.

Pengukuhan FKKD itu disaksikan oleh Ketua DPRD Sragen, Suparno, dan dihadiri oleh Wakil Bupati Sragen, Suroto, jajaran Forkopimda Sragen, Sekda Sragen, Tatag Prabawanto, Kepala OPD, dan Camat.

Untuk diketahui, Kepala Desa Jetak (Kecamatan Sidoharjo), Siswanto sebagai Ketua terpilih FKKD Kabupaten Sragen masa bakti 2022-2025. Sementara jabatan Wakil Ketua diisi Kades Jirapan (Kecamatan Masaran), Sindu Praptono dan Kades Galeh (Kecamatan Tangen), Triyono. Sementara, Di posisi Sekretaris, yakni Keala Desa Sambi (Kecamatan Sambirejo), Kresna Widya Permana dan Tri Prasetyo Utomo, Kades Srimulyo (Kecamatan Gondang).

Dalam kesempatan itu, Bupati Yuni menyampaikan selamat atas dilantiknya kepengurusan FKKD yang baru masa bakti 2022-2025. Ia pun mengapresiasi keberadaan FKKD yang selama ini sudah banyak membantu menjaga kondusivitas di wilayah Sragen. FKKD dinilai telah mampu membangun komunikasi antara Pemerintah Desa (Pemdes) dengan Pemkab serta stakeholder terkait. Sehingga terbangun sinergitas dalam mencapai tujuan bersama.

Menurutnya FKKD adalah salah satu wadah teman-teman desa, yang mana dalam perjalannya FKKD memberikan kontribusi bagi penyelenggaraan Pemkab Sragen.

“Kepada kepengurusan baru dirinya mengajak agar bersama-sama berjuang untuk masyarakat,” terangnya.

Bupati Yuni juga menyinggung Undang-Undang Nomor 11 Tahun 2020 tentang Cipta Kerja, ditindaklanjuti dengan PP Nomor 11 Tahun 2021 tentang BUMDES. Peraturan ini telah memberikan pedoman pasti bahwa pengelola kegiatan dana bergulir masyarakat eks PNPM Mandiri Perdesaan wajib bertransformasi menjadi BUMDES Bersama.

"Disini peran penting Kepala Desa sebagai salah satu Organ BUMDESMA yaitu sebagai penasehat menjalankan fungsi strategis. Guna terwujudnya pengelolaan BUMDESMA berdasarkan semangat kekeluargaan dan kegotongroyongan dengan prinsip profesional, terbuka dan bertanggungjawab, partisipatif, prioritas sumber daya lokal dan berkelanjutan,” lanjutnya.

Sementara itu,  Ketua Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Sragen terpilih, Siswanto mengatakan di kepemimpinan yang baru, pihaknya memiliki visi misi bagaimana organisasi forum bisa kompak dan solid, mandiri, berintegritas serta memiliki kreativitas. Dirinya berharap dengan adanya FKKD ini tidak ada yang melanggar aturan dan regulasi yang berlaku di Pemkab Sragen. Akan dikumpulkan dan membuat progres kebijakan dan apa yang akan dikerjakan.

Ia juga berpesan kepada para Kades bisa kompak dan solid serta bisa mewarnai forum Kades sehingga bisa mandiri, berintegritas dan punya kreativitas.

“Terutama dalam bidang pemerintahan. Jangan sampai ada nanti hal hal yang intinya melanggar aturan itu yang kami tekankan pada rekan-rekan kami,” ujarnya.

 Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo