KUNJUNGI PASAR GEMOLONG, PRESIDEN JOKOWI SERAHKAN BANTUAN TUNAI DAN SEMBAKO UNTUK PEDAGANG KAKI LIMA

SRAGEN â€“ Presiden Republik Indonesia, Ir. Joko Widodo atau Jokowi membagikan bantuan langsung tunai (BLT) dan sembako kepada para pedagang kaki lima (PKL) di Pasar Gemolong, Kecamatan Gemolong, Kabupaten Sragen, Rabu (5/1/2022).

Kunjungan Presiden Jokowi pagi tadi didampingi Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, Menteri PUPR RI, Basuki Hadi Moeljono dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Dan disambut oleh Wakil Bupati Sragen, Suroto, jajaran Forkopimda, Sekda, Tatag Prabawanto dan Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Cosmas Edwi Yunanto.

Presiden juga tampak menyapa dan berbincang dengan para pedagang. Mulai dari pedagang siomay, angkringan hingga bakpao.

“Ini untuk tambahan modal ya,” ucap Presiden kepada para pedagang.

“Terima kasih Pak Presiden,” ucap para pedagang.

Tidak lupa Presiden Jokowi juga mengingatkan para pedagang untuk disiplin menjalankan protokol kesehatan, termasuk mengenakan masker.

“Jangan lupa pakai masker ya. Saya pakai masker,” ucap Presiden sambil menunjukkan masker yang digunakannya.

Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustrian dan Perdagangan, Cosmas Edwi Yunanto, menerangkan secara keseluruhan terdapat 125 PKL Pasar Gemolong yang mendapat BLT dari Presiden Jokowi. Namun untuk menghindari kerumunan, hanya 20 PKL saja yang menerima bantuan langsung dari tangan Presiden.

“Yang diserahkan langsung oleh Bapak Jokowi tadi 20 PKL. Yang lain diterimakan melalui staf kepresidenan karena tidak memungkinkan semuanya diserahkan di sini,” ujar Cosmas.

Nilai BLT yang diserahkan tersebut, berjumlah Rp 1,2 juta. Selain itu, terdapat 250 paket sembako yang juga diperuntukkan bagi para pedagang Pasar Gemolong.

“Untuk nominal uangnya Rp 1,2 juta, untuk bantuan modal usaha. Sedangkan sembako disediakan 250 paket, sisanya akan dibagikan ke pedagang Pasar Gemolong,” jelasnya.

Wakil Bupati Sragen, Suroto menambahkan kunjungan Presiden di Pasar Gemolong pagi ini menunjukkan kecintaan Presiden terhadap Warga Sragen khususnya pedagang kaki lima di Pasar tersebut. Wabup juga menyampaikan jika Pemkab Sragen sedang berupaya untuk menertibkan arus lalu lintas di jalan lingkar Pasar Gemolong.

“Kami sedang menindaklanjuti kepentingan warga Gemolong, Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) juga sudah disahkan Bapak Menteri untuk jalan lingkar Gemolong agar bisa mengurai lalu lintas di perempatan Pasar Gemolong,” papar Wabup.

Sementara, salah seorang penjual gorengan, Sukinem (46), mengaku senang mendapat bantuan langsung dari Presiden Jokowi. Kepada dirinya, Jokowi sempat berpesan agar meningkatkan jualan.

“Alhamdulillah senang sekali. Dalam mimpi pun nggak kebayang bisa ketemu Pak Jokowi. Tadi pesannya suruh ningkatin aja jualannya," kata Sukinem warga Desa Pendem, Jenalas, Kecamatan Gemolong.

 

Reporter : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo