LINTAS ALAM BUMI SUKOWATI (LABS) TAHUN 2022 TANAMKAN JIWA PATRIOTISME DAN PROMOSIKAN WISATA SRAGEN

SRAGEN – Dalam rangka memeriahkan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen serta memupuk jiwa patriotisme, mencintai lingkungan serta semangat persatuan dan kesatuan diantara anggota Pramuka, Kwarcab (Kwartir Cabang) Sragen menyelenggaraan Lintas Alam Bumi Sukowati IX di Sangiran Klaster Ngebung Kecamatan Kalijambe Sabtu (21/5).

Kegiatan yang rutin dilaksanakan oleh Kwarcab Sragen itu sasarannya adalah anggota Pramuka Penegak se Kwartir Cabang Sragen yang diikuti oleh putra dan putri dari 8 SMA/SMK dan MA se-Kabupaten Sragen.

Selain sebagai wadah silaturahmi kegiatan ini merupakan kegiatan yang sangat positif bagi generasi muda khususnya untuk membentuk karakter serta sebagai sarana pengembangan fisik dan mental.

Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Gerakan Pramuka Sragen membuka secara resmi Lintas Alam Bumi Sukowati IX dan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

Ia menuturkan kegiatan ini membutuhkan fisik dan mental yang kuat, karena akan menelusuri daerah-daerah yang ada di wilayah Kabupaten Sragen. Dengan begitu anak-anak muda akan mengenal potensi daerah dan kearifan lokal yang tersebar di Kabupaten Sragen.

Wilayah yang akan dilewati adalah Kecamatan Kalijambe, Plupuh, Gemolong, Miri dan Sumberlawang yang ditempuh selama 3 hari 2 malam.

Bupati Yuni menambahkan bersamaan Hari Jadi ke-276 Kabupaten Sragen maka terhubung dengan sejarah perjuangan para pendahulu bangsa, disitu terbentuk adanya jiwa dan rasa nasionalisme, patriotisme dan persatuan yang kuat tanpa memandang ras, suku, agama dan status sosial.

Ia berpesan agar para peserta untuk selalu menjaga kekompakan, menjaga protokol kesehatan serta menjaga lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan, menjaga sikap dan sopan santun terhadap warga dan budaya sekitar.

Menurut Sugino Panitia LABS IX menerangkan dipilihnya lokasi Sangiran klaster ngebung ini merupakan salah satu upaya mempromosikan pariwisata di Kabupaten Sragen sehingga generasi muda semakin bangga dengan wisata di daerahnya.

“Anak-anak akan melewati 16 desa dan 1 kelurahan yang tersebar di 5 kecamatan. Nanti malam akan transit dan bermalam di desa Denalas Kecamatan Gemolong bertempat di SDN 1 Denalas. Keesokan harinya Minggu (22/5) bermalam di SDN 3 Soka Kecamatan Miri. Di pos-pos yang kami siapkan juga diberikan materi-materi dan tantangan-tantangan agar anak-anak dapat memecahkan problem solving ”jelasnya.

Selanjutnya Bupati Yuni memberangkatkan seluruh peserta Lintas Alam Bumi Sukowati IX didamping Wakil Bupati Sragen dan Forkopimda Sragen, Sekda Sragen  dan Kepala OPD Sragen.

 

 

Penulis : Mira_Diskominfo

Editor  : Yuli_Diskominfo