MISA MALAM NATAL, BUPATI YUNI APRESIASI PENGAMANAN DAN PENERAPAN PROKES DI SEJUMLAH GEREJA

SRAGEN - Misa malam Natal umat Kristiani di Kabupaten Sragen berlangsung aman dan kondusif. Pengamanan dan penerapan protokol kesehatan dilakukan dengan ketat oleh gereja-gereja yang menggelar misa malam Natal tahun 2021 ini.

Hal itu disampaikan Bupati Sragen dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati usai meninjau tiga Gereja di wilayah Sragen Kota beserta jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sragen, Jumat (24/12/2021) malam.

Tiga gereja itu diantaranya Gereja Kristen Jawa (GKJ) Taman Asri Sragen, Gereja Kristen Jawa (GKJ) Sragen, dan Gereja Katolik Santa Perawan Maria de Fatima Sragen.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Yuni juga memberikan paket bingkisan kepada pengelola masing-masing gereja.

Dalam sambutannya, Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi pengamanan yang dilakukan petugas pengamanan kamtibmas dan juga penerapan protokol kesehatan yang dilakukan di setiap gereja.

"Terima kasih banyak, semua berjalan lancar dan aman. Maturnuwun sudah patuh Protokol kesehatan ketat di setiap gereja. Tanpa kepatuhan dari masyarakat mustahil kita akan keluar dari pandemi ini," terang Bupati.

Bupati bersyukur di Kabupaten Sragen selama ini selalu dalam kondisi aman dan damai, selain itu penyebaran Covid-19 juga bisa terkendali.

"Ini yang harus kita jaga. Cakupan vaksinasi Covid-19 di Sragen telah mencapai diatas 80%. Semoga banyaknya warga kita yang sudah divaksin, tahun depan kita bisa terbebas dari pandemi dan beraktivitas normal kembali," katanya.

"Mari kita sama-sama menjaga suasana Sragen yang kita cintai ini selalu kondusif, tetap menjaga kerukunan antar umat beragama," ajak Bupati.

Tak lupa Bupati Yuni mengucapkan selamat hari Natal kepada segenap umat Nasrani di Kabupaten Sragen. Dengan semangat Natal, orang nomor satu di Sragen ini juga mengajak seluruh umat bersama menjaga kerukunan dan senantiasa memajukan daerah.

Sebelum gereja digunakan, aparat kepolisian terlebih dahulu memastikan bahwa tidak ada benda-benda yang dapat mengancam jiwa. Menggunakan metal detektor dan anjing K-9, sterilisasi gereja dipastikan telah menyisir seluruh sudut bangunan.

Terkait keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas), Kapolres Sragen, AKBP Yuswanto Ardi menyampaikan TNI-POLRI siap mengamankan perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 ini.

"Sampai malam ini situasi kambtibmas sangat kondusif," pungkasnya.

Lebih dari seribu personel gabungan telah dikerahkan untuk mengamankan Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022 di Sragen. Selain menjaga ketertiban masyarakat, pengamanan juga berfokus pada pencegahan penyebaran Covid-19. (Miyos_Diskominfo)