OPTIMALISASI PELAYANAN INFORMASI DAN KOMUNIKASI PUBLIK MELALUI SISTEM APLIKASI BERBASIS ANDROID

Sragen - Dinas Kominfo Kabupaten Sragen saat ini sedang mengembangkan sistem aplikasi pelayanan informasi dan komunikasi publik berbasis android untuk mengoptimalkan pelayanan kepada masyarakat.

Aplikasi ini diberi nama SRAGENKAB dengan tujuan agar masyarakat mudah dalam mengingat atau mencari di google dan akhirnya akan lebih banyak masyarakat yang memanfaatkannya.

Secara sistem aplikasi ini dibuat sangat “user friendly” alias mudah digunakan karena tidak perlu login dengan email ataupun akun khusus, cukup mengunduh di playstore dan langsung bisa digunakan.

Pelayanan yang ada dalam aplikasi android SRAGENKAB ini diantaranya berita sragen, jelajah sukowati (info wisata, kuliner, ukm, produk unggulan), info terbaru, info desa, pelayanan publik (kemiskinan, perijinan, penelitian, kesehatan, dll), pengaduan masyarakat (presiden, gubernur, bupati, saber pungli), info hoaks, nomor penting, website skpd, info covid 19, dan PPID Sragen.

Dalam kesempatan lain, Kepala Dinas Kominfo Dra. Yuniarti, M.H., menyatakan harapannya agar aplikasi ini dapat terus dikembangkan sehingga pelayanan pemerintah kepada masyarakat akan semakin memuaskan.

Menurut Kabid Pengelolaan Informasi Fajar Adhi Nugroho, S.T., kedepannya aplikasi android SRAGENKAB diharapkan akan menjadi aplikasi yang bisa memenuhi semua kebutuhan masyarakat di bidang informasi dan komunikasi sehingga masyarakat tidak perlu repot untuk mengunduh berbagai macam aplikasi untuk memenuhi kebutuhannya. “Aplikasi Mudah, komunikasi lancar dan Informasi tersampaikan”, imbuhnya. (Diskominfo – YD/RF)