PELATIHAN PEMBUATAN SOUVENIR, DISPORA SRAGEN AJAK WARGA GUNUNG KEMUKUS MANFAATKAN POTENSI LOKAL

SRAGEN - Guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekaligus mendukung objek wisata The New Kemukus, yang terletak di Desa Pemdem, Kecamatan Sumberlawang, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispora) Kabupaten Sragen melakukan pelatihan dan pengembangan ekonomi kreatif sektor parawisata.

Pelatihan yang diikuti 50 peserta itu berlangsung di Pendopo Ndayu Park Sragen, Kamis (22/2/2022).

Peserta yang terlibat, antara lain warga kawasan Gunung Kemukus, kelompok sadar wisata (pokdarwis), juru kunci, dan lain-lain. Mereka dilatih untuk mengangkat potensi kawasan wisata setempat dengan memproduksi souvenir dengan kayu bekas.

Kepala Bidang Pemasaran Pariwisata dan Pengembangan Ekonomi Kreatif Dispora Sragen, Ana Farida Sari, mengatakan wisata The New Kemukus belum memiliki unsur kenangan pada sapta pesona. Untuk itu, Dispora Sragen mengajak warga memanfaatkan sumber daya yang ada untuk memproduksi suvenir serta mengangkat potensi kuliner melalui rangkaian pelatihan.

“Latihan pertama tadi membuat konektor masker. Sekarang ini kan prokes sangat penting dengan memakai masker. Pelatihan memanfaatkan kayu bekas untuk konektornya,” ungkap Ana.

Ana menambahkan pada pelatihan berikutnya warga akan diajarkan membuat anyaman bambu untuk sarung botol air minum. Menurutnya, Desa Pendem memiliki potensi bambu serta air Sendang Ontrowulan yang biasa dibawa pulang oleh pengunjung.

“Air Sendang Ontrowulan dipercaya bisa membawa berkah. Mungkin yang tidak sampai ke Sendang, bisa membeli kan enggak perlu ke sana bisa mendapatkan. Air apapun membawa berkah,” lanjutnya.

Tidak hanya kerajinan, Dispora dan warga akan mencoba menggali potensi kuliner setempat. Kuliner sebagai oleh-oleh dan kuliner bisa dinikmati para pengunjung kawasan objek wisata tersebut.

“Pedagang kaki lima di sana masih menjual makanan instan dan terlalu umum. Kami akan gali lagi potensinya. Memang potensi di sana ada ikan. Ikan di sana lebih segar,” pungkasnya.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo