PELETAKAN BATU PERTAMA MASJID WIRA BHAKTI KWARTIR CABANG SRAGEN

SRAGEN - Bupati Sragen selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Sragen, Dedy Endriyatno melakukan peletakan batu pertama untuk mengawali pembangunan Masjid Wira Bhakti di kompleks Gedung Kantor Kwarcab Sragen, Jumat (09/4/2021).

Turut hadir jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Sragen, Organisasi Pimpinan Daerah (OPD) Sragen, pengurus Kwarcab Sragen serta tokoh masyarakat setempat.

Dalam sambutannya, Ketua Kwarcab Sragen, Dedy Endriyatno menyampaikan masjid Wira Bhakti yang akan dibangun dilahan kantor Kwarcab Sragen itu bertujuan untuk memudahkan anggota Pramuka serta masyarakat sekitar melaksanakan ibadah sholat dengan terjangkau.

"Karena kalau mau sholat disekitar sini masih susah mencari masjid, sehingga kami berfikir bagaimana membuat sebuah masjid yang tentunya kemanfaatannya bukan hanya untuk anggota Pramuka saja tetapi juga untuk masyarakat luas," ungkapnya.

Bangunan Masjid dengan luas 100 meter persegi ini rencananya bisa untuk menampung 100 orang jamaah sholat, namun karena masih pandemi covid-19 sehingga masjid tersebut sementara hanya bisa menampung 40 orang jamaah sholat.

"Diharapkan tidak hanya untuk sholat lima waktu saja, tetapi juga untuk ibadah sholat jumat," terang Ka Kwarcab.

Pemilihan nama "Wira Bhakti" dijelaskan Ketua Kwarcab Dedy mempunyai makna bahwa gerakan pramuka adalah gerakan untuk membentuk wira bangsa sejati yang siap untuk berkontribusi untuk negeri dan agama.

Pihaknya berharap pembangunan masjid Wira Bhakti dapat selesai dengan lancar dalam waktu 3 bulan.

"Kalau sudah jadi, masjid ini dapat dikelola dan dimanfaatkan bersama-sama, Kwarcab Kabupaten Sragen dengan masyarakat sekitar. Untuk takmir masjidnya dikelola secara terpadu antara masyarakat dengan pengurus Kwarcab," pesannya. 

Bupati Sragen selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Kamabicab) Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengapresiasi pembangunan masjid Wira Bhakti. Menurutnya ini merupakan momentum sejarah pasalnya baru kali ini ada masjid yang akan didirikan di lingkungan kantor Kwartir Cabang (Kwarcab) Kabupaten Sragen.

"Semoga nanti mulai dari awal sampai selesai bisa sesuai target 3 bulan. Agar dapat segera dimanfaatkan tidak hanya untuk anggota pramuka tapi juga masyarakat luas. Dan semoga proses pembangunan dimudahkan dan dilancarkan, aamiin" harap Bupati Yuni.

Bupati mengingatkan masjid Wira Bhakti adalah masjid Pancasila milik masyarakat semua golongan. Untuk itu, Bupati berpesan agar takmir masjid yang dibentuk nanti tidak hanya terdiri dari satu atau dua golongan saja.

"Ormas kita banyak sehingga siapapun bisa menjadi takmir masjid, agar tidak terjadi pengkotak-kotakan masjid ini milik ormas A, ormas B, atau ormas C. Masjid ini masjid Pancasila milik masyarakat Kabupaten Sragen," tegasnya.

Setelah pembangunan selesai, Bupati meminta pengurus masjid baik dari Kwarcab Sragen maupun masyarakat sekitar untuk komitmen benar-benar merawat agar masjid tersebut banyak jamaahnya. (Miyos_Diskominfo)