PEMBEKALAN DAN PELATIHAN AWAL MASA TUGAS PERANGKAT DESA BARU SE-KECAMATAN PLUPUH

Sragen – Peran Pemerintahan Desa dalam mendukung tugas pokok dan fungsi masing-masing jabatan perangkat desa dituntut untuk mampu bekerja lebih baik dalam melayani Masyarakat. Dengan etos kerja yang tinggi dan berinovasi untuk pembangunan desa lebih Maju.

Guna menyamakan persepsi, menambah pengetahuan dan keterampilan maka diadakan pelatihan diikuti oleh tiga puluh enam perangkat desa baru hasil dari Penjaringan dan Penyaringan Calon Perangkat Desa Tahun 2022 bertempat di Aula Kantor Kecamatan Plupuh, (Selasa – Rabu, 15 – 16 Maret 2022).

Camat Plupuh, Edy Purwanto menyampaikan bahwa untuk mencapai masyarakat yang sejahtera memerlukan terselenggaranya pemerintahan yang baik (Good Governance) secara terus menerus. Upaya untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan unsur profesionalisme dan integritas dari aparatur desa.

“Saat ini beberapa jenis model bisnis dan pekerjaan di Indonesia sudah terkena dampak dari arus era digitalisasi, termasuk dalam dunia pemerintahan yang dulunya segala kegiatan pembukuan, pengarsipan, pencatatan dan tata kelola pemerintahan masih dilakukan dengan cara konvensional, sekarang Perangkat Desa mau tidak mau harus mengikuti perkembangan jaman dengan cara penguasaan teknologi informasi, dalam hal ini SISKEUDES, SIPADES, SURYA dan aplikasi lain yang digunakan dalam Pemerintahan Desa”, ungkap Edy Purwanto.

Pembekalan dan Pelatihan ini menghadirkan narasumber dari Kecamatan maupun dari Pendamping Lokal Desa yang menyampaikan materi pelatihan Manajemen dan Kepemimpinan Desa, SOTK Perangkat Desa, Perencanaan Pembangunan Desa, Tata Kelola Keuangan Desa, dan lain-lain.

Selain melaksanakan menerima materi, pada hari kedua peserta pelatihan juga diajak untuk simulasi perencanaan kegiatan pembangunan, yaitu mulai dari survei lapangan, pengukuran lapangan, pembuatan RAB, dan pembuatan proposal, setelah itu peserta mempresentasikan hasil dari diskusi kelompok.

 

 

Penulis             : Andhang Habsoro_Kontributor Newsroom Kecamatan Plupuh

Editor             : Rofi_Diskominfo Kabupaten Sragen