PEMKAB SRAGEN GELAR APEL KESIAPSIAGAAN DALAM RANGKA MENGHADAPI BENCANA HIDROMETEOROLOGI

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten Sragen melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menggelar apel kesiapsiagaan dalam rangka menghadapi bencana hidrometeorologi di Alun-Alun Sasono Langen Putro Sragen, Jumat (19/11/2021).

Dalam sambutannya, Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati mengatakan apel ini digelar untuk menghadapi kemungkinan cuaca ekstrem yang terjadi di Kabupaten Sragen.

Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, serta beberapa peringatan dini dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyatakan bahwa cuaca ekstrem atau hujan dengan intensitas sedang hingga tinggi disertai angin kencang dan petir akan terjadi di seluruh wilayah Indonesia pada bulan November 2021 hingga Februari 2022.

Perkiraan cuaca tersebut dapat menjadi potensi ancaman bencana hidrometeorologi seperti banjir, tanah longsor dan angin kencang di Kabupaten Sragen.

“Kita perlu melakukan berbagai persiapan sebagai langkah antisipasi jika bencana itu sewaktu-waktu terjadi di Sragen. Apel kesiapsiagaan ini merupakan bentuk respon pemerintah dalam mengantisipasi kejadian bencana secara terpadu,” terangnya.

Dengan langkah persiapan yang matang, pemerintah juga dapat melakukan antisipasi dan langkah-langkah penanganan secara cepat sehingga dampak bencana yang timbul dapat diminimalisir.

Lebih lanjut, Bupati Yuni mengajak seluruh unsur yang terkait dalam kesiapsiagaan bencana untuk selalu bersama-sama bergotong-royong, berupaya semaksimal mungkin untuk meningkatkan partisipasi dan peran aktif dalam penanggulangan bencana.

Selian itu, untuk mewaspadai dampak cuaca ekstrem Bupati juga mengajak seluruh komponen masyarakat untuk ikut peduli terhadap kelestarian lingkungan dengan prinsip kenali ancamannya dan kurangi resikonya.

“Saya mengajak masyarakat untuk ikut peduli terhadap kelestarian lingkungan agar kita semua mengerti dan memahami tanda-tanda alam. Apabila akan terjadi bencana sehingga kita semua selamat dari ancaman,” ajaknya.

Sementara, Kepala Pelaksana BPBD Agus Cahyono, mengatakan dalam kesiapsiagaan bencana ini pihaknya telah menyiapkan semua peralatan yang dimiliki. Penanganan kebencanaan seperti SAR air, SAR darat, SAR rescue telah disiapkan. (Mega_Diskominfo)