PEMKAB SRAGEN SECARA LANGSUNG SERAHKAN BANTUAN BAGI KORBAN ERUPSI GUNUNG SEMERU

SRAGEN - Musibah erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur yang terjadi pada Sabtu (4/12/2021) lalu membuat ribuan warga mengungsi pasca erupsi. Kondisi itu memantik rasa solidaritas masyarakat Tanah Air dari seluruh penjuru negeri untuk bersatu mengulurkan tangan memberikan bantuan kepada para korban.

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen juga turun secara langsung menyalurkan bantuan untuk penanganan dampak erupsi Gunung Semeru.

Penyerahan bantuan berupa uang tunai, 11 set MCK (22 bilik), dan 250 paket bingkisan itu diserahkan langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada Bupati Lumajang, Thoriqul Haq, di Pendopo Pringgitan Kantor Bupati Lumajang, Selasa (21/12/2021) sore.

Sebelumnya, Bupati dan rombongan juga menyempatkan meninjau langsung lokasi terdampak erupsi Gunung Semeru di Desa Sumbemujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang sekaligus membagikan bantuan bingkisan sebanyak 250 paket bagi warga setempat.

"Kami datang sebagai wujud kepedulian ASN dan masyarakat Sragen sekaligus memberi dukungan kepada Bupati Lumajang Bapak Thoriqul Haq dan khususnya masyarakat terdampak," ungkap Bupati.

Bupati menjelaskan jika dana bantuan untuk penanganan erupsi Gunung Semeru telah terkumpul sebanyak Rp. 500 juta. Namun baru disalurkan setengahnya, karena sisanya akan diberikan nanti di tahap kedua sesuai permintaan Pemkab Lumajang.

"Sampai sekarang masih mengalir donasi-donasi ini. Jadi sisanya nanti untuk tahap kedua, akan kita wujudkan berupa barang saat sudah ada relokasi," lanjutnya.

Bupati Yuni berharap bantuan itu bisa bermanfaat dan meringankan korban terdampak erupsi Gunung Semeru. Menurutnya yang dibutuhkan bukan hanya sembako tetapi juga rumah yang layak untuk relokasi ke depannya karena sekarang masih menempati posko pengungsian.

"Semoga warga yang terdampak segera direlokasi mendapat hunian yang layak sehingga dampak dari erupsi ini segera diminimalisir," harap Bupati Yuni.

Sementara Bupati Lumajang, Thoriqul Haq menyampaikan rasa terimakasih sekaligus mengapresasi Pemkab Sragen atas empati yang tinggi karena telah peduli terhadap warga yang terdampak Semeru.

"Terimakasih kepada Pemerintah Kabupaten Sragen atas bantuannya berupa uang senilai Rp.300 juta dan peralatan untuk MCK yang bersumber dari ASN Kabupaten Sragen, Baznas Sragen dan CSR. Ini wujud rasa kasih sayang masyarakat Sragen kepada kami korban erupsi Gunung Semeru," ujarnya.

Pihaknya menambahkan semua bantuan yang masuk akan difokuskan untuk relokasi pembuatan tempat rumah baru.

"Fasilitas sarana baru di pemukiman baru yang dalam waktu dekat akan kita relokasi," pungkasnya. (Miyos_Diskominfo)