PEMPROV JATENG MELALUI DINAS PERTANIAN DAN KETAHANAN PANGAN SRAGEN SALURKAN 39 ALSINTAN BAGI PETANI SRAGEN

SRAGEN – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah melalui Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen menyalurkan bantuan 39 unit alat mesin pertanian (Alsintan) berupa Cultivator kepada petani yang tergabung dalam gapoktan maupun kelompok tani di Kabupaten Sragen. Bantuan diserahkan secara simbolik oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati kepada perwakilan penerima bantuan di Aula Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kabupaten Sragen, Rabu (29/12/2021).  

Bantuan kepada gapoktan ini merupakan pengusulan melalui aspirasi sumber dana APBD I Provinsi Jawa Tengah. Bantuan diberikan dengan tujuan untuk menunjang peningkatan produksi hasil pertanian melalui teknologi mekanisasi pertanian.

Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan, Eka Rini Mumpuni Titi Lestari dalam laporannya.

“Penyerahan alsintan saat ini berupa cultivator sejumlah 39 unit diharapkan segera dioperasionalkan sehingga bantuan tepat guna tepat sasara,” ujarnya.

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati berharap bantuan cultivator ini dapat dioptimalkan dan dirawat dengan baik sehinggal membawa manfaat untuk semua anggotanya.

“Semoga bantuan cultivator inidapat bermanfaat bagi petani di Sragen dan dapat dikelola dengan penuh tanggung jawab,” harapnya.

Berdasarkan data yang didapat dari Dinas Pertanian dan Ketahanan Kabupaten Sragen, produksi padi pada tahun 2021 sebesar 668.020 GKP (Gabah Kering Panen) atau setara 367.912 ton beras. Kurang lebih 85.000 ton dikonsumsi oleh masyarakat Sragen, selebihnya 282.000 ton terdistribusikan keluar Kabupaten Sragen.

Kemudian dari luas Kabupaten Sragen sekitar 94.155 HA, luas lahan pertanian yang dipertahankan kurang lebih 42.390 HA dengan jumlah petani 141.841 orang. (Mega_Diskominfo)