PENATAAN NEW KEMUKUS AKAN TERINTEGRASI DENGAN KSPN SOLO-SANGIRAN

SRAGEN - Direktur Jenderal (Dirjen) Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PUPR), Diana Kusumastuti meninjau langsung bangunan hasil revitalisasi New Kemukus bersama Tim Kementerian PUPR, Jumat (22/4/2022) pagi.

Turut mendampingi Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Sragen, Yuniarti, dan Kepala DPU Sragen, Raden Suparwoto.

Sesuai rencana Wisata The New Kemukus ini juga akan diresmikan langsung oleh Ketua DPR RI, Puan Maharani, pada Rabu (27/4/2022) mendatang.

Disela peninjauannya itu, Dirjen Cipta Karya Kemen PUPR, Diana Kusumastuti, mengaku senang dengan hasil pembangunan New Kemukus dan berharap bangunan baru itu bisa lebih bagus dan lebih terang untuk wisata religi maupun keluarga. Ia juga berkesempatan melihat prominade hingga berjalan sampai ke pendapa makam Pangeran Samodra.

"Untuk pengelolaannya diserahkan ke Pemkab Sragen. Investasi yang diberikan pemerintah pusat ini bisa dipelihara dan dikelola dengan baik supaya berkelanjutan," terang Diana.

Diana berpesan supaya lingkungan di prominade itu ditambahi tanaman-tanaman supaya saat siang hari tidak terlalu panas. Termasuk kebersihan toiletnya juga harus dijaga dengan memanfaatkan dana retribusi.

"Saya melihat sepintas tanamannya bagus. Kami membangun itu menyesuaikan lingkungan yang ada. Yang tadinya kurang bagus dilihat bisa lebih rapi. Seperti prominade itu dulunya kumuh dan gelap sekarang terang dan bagus," katanya.

Ia berharap Kawasan New Kemukus bisa menjadi destinasi pariwisata serta menjadi bagian terintegrasi pengembangan destinasi Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Solo - Sangiran.

"Selain itu juga dapat meningkatkan citra dan diversifikasi daya tarik wisata Kawasan New Kemukus untuk mendorong kegiatan pariwisata kawasan sebagai sektor strategis dalam meningkatkan perekonomian wilayah dan kesejahteraan masyarakat Sragen dan Jawa Tengah," harap Diana.

Adapun penataan yang dilakukan Ditjen Cipta Karya antara lain pekerjaan gerbang barong, penataan Ruang Terbuka Hijau Publik (RTHP) Sumberlawang, pekerjaan visitor Center - Plaza Penerima, penataan RTHP Sendang Ontrowulan, penataan Situs Makam Pangeran Samodra, penataan sirkulasi jalan lingkungan, penataan Waterfront Park, pekerjaan fasilitas klinik - Community Center.

Sementara Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dispora), Yuniarti mengaku persiapan peresmian masih terus berjalan. Mulai dari bersih-bersih lingkungan, dan penertiban pedagang disekitar kawasan New Kemukus.

"Yang dibersihkan mulai dari areal Gerbang Barong, ruang terbuka hijau publik, jembatan, areal penerima tamu, jalur bawah promenade, timur promenade, sendang, dan area pohon di sekitar. Ada 300 orang yang terlibat," katanya.

Selain itu, sekitar 100-120 rumah warga yang tinggal di Kawasan Gunung Kemukus atau New Kemukus, tepatnya di lingkungan RT 002 Kedunguter dan RT 034 Gunungsari, Desa Pendem, Kecamatan Sumberlawang, rencana akan dicat warna-warni. Sehingga terlihat seperti Kampung Pelangi.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo