PENUTUPAN TMMD SENGKUYUNG TAHAP I, WABUP SRAGEN TERIMA HASIL PELAKSANAAN TMMD DI DESA JEKANI

SRAGEN - Penutupan kegiatan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung tahap I tahun anggaran 2021 Kabupaten Sragen di Desa Jekani Kecamatan Mondokan, ditandai dengan penandatanganan naskah dan penyerahan berita acara serah terima program TMMD Sengkuyung tahap I TA 2021 dari Dandim 0725/Srg Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno, S.I.P kepada Wakil Bupati Dedy Endriyatno, SE, di Balai Desa Jekani, Rabu (31/2/2021).

Hadir pada acara itu Ketua DPRD Kab. Sragen, Kapolres Kab. Sragen, Kajari, KA DPUPR, Perwakilan dari Korem Mayor Inf Suwarko, Danramil Mondokan, Kapolsek Mondokan, Subdenpom, Minvet, Camat Mondokan, Kepala Dinas PMD, KA UPTPK, KA PMI, Kepala Bappeda, Kepala Desa Jekani, dan sederet tamu undangan lainnya.

Dandim 0725/Srg Letkol Inf Anggoro Heri Pratikno dalam sambutannya menjelaskan TMMD di Desa Jekani Kecamatan Mondokan ini, telah menyelesaikan sasaran fisik berupa cor blok jalan sepanjang 885M Lebar 2,5M dan tebal 12CM, rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) sebanyak 14 unit, serta pembangunan sarana sanitasi jamban sehat sebanyak 18 unit.

Selain pencapaian sasaran fisik, kegiatan TMMD juga diimbangi dengan pencapaian sasaran non fisik, yang meliputi penyuluhan wawasan kebangsaan, penyuluan bahaya narkoba, Binkamtibmas, penyuluhan pertanian, penyuluhan peternakan, dan penyuluhan kesehatan.

“Pembangunan non fisik ini sangat dibutuhkan dalam rangka membangun dan memperkokoh jiwa dan semangat nasionalisme masyarakat dalam menangkal berbagai ancaman disintegrasi bangsa,” ungkap Letkol Inf Anggoro.

Selain itu, penutupan TMMD juga ditandai dengan pemotongan pita serta penancapan nama jalan di lokasi cor jalan di desa Jekani.

Letkol Inf Anggoro berharap agar masyarakat terus menjaga semangat gotong-royong sebagai warisan budaya Bangsa yang sudah terbina dengan baik, serta untuk memelihara hasil TMMD.

“Pelihara hasil program TMMD agar manfaatnya dapat dinikmati oleh warga masyarakat dalam kurun waktu yang cukup panjang,” tuturnya.

Sementara itu, dalam kesempatan Wakil Bupati Kab. Sragen Dedy Endriyatno mengapresiasi hasil dari kegiatan TMMD serta sinergi antar elemen.

"Pemerintah bersinergi dengan TNI Polri sebagai kreator maupun eksekutor tidak mungkin sendiri tanpa kerjasama dengan pihak-pihak lain dalam artian masyarakat,” ungkapnya.

Dedy berharap hasil dari kegiatan TMMD bisa bermanfaat optimal untuk masyarakat sehingga kegiatan ekonomi dapat berjalan dengan lancar dan baik. (Mega_Diskominfo)