PENYERAHAN BANTUAN DONASI UNTUK VINO, ANAK YATIM PIATU KORBAN COVID-19 OLEH BUPATI SRAGEN

SRAGEN – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen melalui Dinas Sosial Sragen menyerahkan bantuan donasi dari masyarakat untuk Alviano Dafa Raharja atau Vino (9).

Diketahui sebelumnya Vino merupakan anak yang sebelumnya tinggal di Kutai Barat, Kalimantan Timur, yang orang tuanya meninggal akibat terpapar Covid-19 dan kini tinggal di Sragen bersama kakek-neneknya.

Bantuan donasi uang yang sebelumnya disimpan oleh pemerintah daerah kini diserahkan kepada pihak keluarga. Penyerahan 2 buku rekening atas nama Alviano Dafa Raharja diterima langsung oleh sang kakek, Yartin, di Kantor Dinas Bupati Sragen, Selasa (26/10/2021) sore.

Dana tersebut terkumpul dari donasi yang digerakkan oleh Nurul Efendi, perwakilan pihak keluarga di Kutai Barat yang juga merupakan SDM PKH Kutai Barat.

Penyerahan disaksikan oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, perwakilan dari Dinas Sosial, Camat Sambungmacan, dan Camat Sambirejo sebagai pengampu wilayah di masing-masing keluarga besar Vino.

“Bantuan uang yang awalnya Eyang Yartin minta Pemerintah Daerah menyimpannya menurut saya tidak baik. Sekarang terjadi kesepakatan, jadi bantuan diserahkan kepada pihak keluarga,” ujar Bupati Yuni.

Sebelumnya, telah disepakati oleh keluarga bahwa perwakilan penerima adalah Yartin, karena dianggap lebih mudah mobilitas. Selain itu juga untuk kemudahan dalam pengurusan dokumen kependudukan, karena sementara ini Vino sudah masuk KK dari Yartin untuk keperluan pendaftaran sekolah.

Dengan dana yang terkumpul, Bupati berpesan untuk bisa dikelola dengan baik.

“Semoga bermanfaat untuk Mas Vino kedepannya, punya cita-cita setinggi langit dan bisa diwujudkan dengan dana yang dimiliki. Saya berpesan kepada eyang kakungnya, Mas Vino betul-betul dijaga tidak hanya fisiknya saja tapi juga dari segi psikisnya,” pesan Bupati.

Sementara perwakilan keluarga Vino dari Kutai Barat, Nurul Efendi, mengatakan donasi dibuka selama 2 minggu. Meskipun begitu, ternyata setiap bulan saat dicek masih ada uang yang masuk.

“Waktu itu langsung kita share saja buku tabungannya siapa yang mau bantu. Hanya dua minggu dibuka, Cuma kan karena buku rekeningnya itu udah ada, jadi tiap bulan masih ada yang bantu. Terakhir cek sekitar seminggu yang lalu masih ada uang masuk,” jelasnya.

Dirinya berharap dengan adanya donasi ini bisa mencukupi kebutuhan Vino, baik untuk kehidupan sehari-hari maupun untuk kebutuhan pendidikannya. (Mega_Diskominfo)