PERINGATI HARI AIDS SEDUNIA, PEMKAB SRAGEN SALURKAN BANTUAN SEMBAKO DAN TABUNGAN PENDIDIKAN BAGI ADHA

SRAGEN – Dalam rangka memperingati Hari AIDS Sedunia 2021, Pemerintah Kabupaten Sragen serahkan bantuan tabungan pendidikan dan sembako kepada Anak Dengan HIV/AIDS (ADHA). Bantuan diserahkan langsung oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati di Aula Sukowati Setda Sragen, Rabu (1/12/2021).

Bantuan yang diberikan berupa paket sembako sejumlah 31 paket berasal dari PMI, kemudian tabungan sekolah untuk pendidikan dengan total bantuan Rp 15.500.000 masing-masing anak menerima Rp 500.000 dari BAZNAS Kabupaten Sragen.

Bupati Yuni dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini merupakan wujud perhatian pemerintah kepada seluruh warganya. Ia pun meminta kepada Dinas Kesehatan untuk memberikan perhatian dan memberikan penanganan HIV/AIDS di Sragen dengan baik.

“Saya minta untuk penanganan HIV/AIDS di Kabupaten Sragen itu tuntas dari hulu hingga hilir. Supaya anak-anak generasi bangsa ini, baik yang menyandang sakit apapun tetap memperoleh hak dengan sebaik-baiknya. Hak penuh yang menjadi kewajiban pemerintah untuk memenuhinya,” ungkapnya.

Selain itu, Ia meminta untuk melakukan tes skrining kepada ibu hamil. Data pada tahun 2021, 14.850 ibu hamil di Sragen hanya 9.800 yang datang ke puskesmas untuk melakukan skrining HIV.

“Saya mengharapkan untuk bisa melakukan skrining agar kita bisa menyiapkan secara mental dan spiritual, dan obat-obatan bagi ibu hamil hingga sampai nanti mereka melahirkan,” ujarnya.

Di Sragen, terjadi peningkatan kasus ibu hamil dengan HIV dari tahun ke tahun. Di tahun 2018 terdapat 7 kasus, 20 kasus pada tahun 2019, kemudian turun menjadi 15 kasus di tahun 2020, kemudian naik lagi menjadi 20 kasus di tahun 2021.

“Karena dari tahun ke tahun ada peningkatan yang signifikan. Kita harus tangani benar ibu-ibu hamil dengan HIV agar bisa melahirkan anak-anak yang sehat,” ujarnya.

Sementara Ririn Hanjar Susilowati dari Yayasan SPASI, mengucapkan rasa terimakasihnya kepada Pemkab Sragen atas dukungan moral maupun materi untuk ADHA.

“Terimakasih atas semua dukungan, dalam hal ini Dinas Kesehatan sudah mengalokasikan obat-obatan untuk anak-anak kami. Kemudian ibu hamil dengan HIV juga mendapatkan pelayanan yang baik dan dukungan dari rumah sakit,” ucapnya. (Mega_Diskominfo)