SEMAR MBANGUN KAYANGAN, WAYANG KULIT SPESIAL HARI JADI SRAGEN

SRAGEN - Dalang Wayang Kulit Ki Purbo Asmoro dan penampilan dagelan yang dibawakan oleh Cak Kirun dan Gareng Semarang berhasil menghibur warga yang menyaksikan.

Pertunjukan wayang dengan lakon "Semar Mbangun Kayangan/ Semar Mbangun Klampis Ireng" itu digelar di kawasan terbuka Aula Pertunjukkan Objek Wisata Pemandian Air Panas Bayanan, Sambirejo, Jumat (27/5/2022) malam.

Tokoh wayang Semar diserahkan kepada dalang Ki Purbo Asmoro oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati.

Dengan lakon "Semar Mbangun Kahyangan" secara singkat sebagai sebuah bentuk pertanggungjawaban. Semar mengambil tanggung jawab dan kepedulian agar negeri Amarta selamat dari kekacauan.

Bagaimana seorang rakyat kecil seperti Semar, berani menentang penguasa demi kebenaran.

Dalam sambutannya, Bupati Yuni menyampaikan, pertunjukan wayang kulit adalah rangkaian kegiatan memperingati Hari Jadi Kabupaten Sragen ke-276. Pertunjukan seni dan budaya tersebut sesuai janjinya, yakni saat meresmikan revitalisasi Objek Wisata Bayanan, (12/1/2022) lalu.

"Alhamdulillah janji sudah terpenuhi, Dan semoga momen seperti ini bisa rutin ya. Secara continue di Bayanan ini, dalam rangka nguri-nguru kebudayaan. Selain menepati janji menggelar wayangan juga akses jalan menuju Bayanan sudah diperbaiki," ungkap Bupati.

Bupati berharap budaya tersebut dapat terus dinikmati oleh generasi muda di Kabupaten Sragen karena banyak nilai hikmah kehidupan yang dapat diambil sebagai pelajaran.

"Ini cocok untuk anak muda agar bisa belajar tentang berperilaku dengan baik di kehidupan sehari-hari," ujarnya.

Menurutnya Pagelaran wayang bisa juga menghibur melalui media kepariwisataan, pariwisata tidak hanya menyenangkan yang bersifat lahir saja.

"Tetapi mencoba memberikan pengalaman batin yang dibawa pula oleh-olehnya orang berwisata tidak hanya barang yang bisa kita lihat, tetapi bisa jadi nilai yang bisa kita praktekan dalam kehidupan sehari-hari," terang Bupati.

Sementara Dalang Ki Purbo Asmoro berterimakasih kepada Bupati Yuni dan jajarannya yang telah menggelar pertunjukkan wayang kulit sebagai rangkaian Hari Jadi Sragen ke-276 ini.

"Terimakasih Ibu Yuni salah satunya Bupati yang sangat menyukai budaya salah satunya pertunjukkan wayang. Ini wujud pemimpin yang peduli dengan seniman usai dihajar pandemi Covid-19, seniman tidak dapat pemasukan," katanya.

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo