SERTIJAB BUPATI - WAKIL BUPATI SRAGEN, BUPATI YUNI PIDATO PERDANA SAMPAIKAN VISI MISI

SRAGEN - Serah terima jabatan (sertijab) Bupati Sragen dilaksanakan di Ruang Rapat Paripurna Gedung DPRD Sragen, Senin (31/5/2021). Sertijab dilakukan dari Pelaksana Harian (PLh) Bupati, Tatag Prabawanto kepada Bupati dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati didampingi Wakil Bupati, Suroto. Usai sertijab, kemudian dilanjutkan Rapat Paripurna DPRD dengan agenda penyampaian pidato perdana Bupati Sragen.

Turut menyaksikan jajaran Forkopimda Kabupaten Sragen, anggota DPRD Sragen, dan jajaran Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

Dalam pidatonya, Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyampaikan dalam menjalankan kesinambungan pemerintahan selama lima tahun ke depan sudah mencanangkan visi, misi dan program-program unggulan.

Visi yang diusung adalah “Menuju Kabupaten Sragen Mandiri, Sejahtera dan Berbudaya Berlandaskan Semangat Gotong Royong”.

Sedangkan misi Bupati dan Wakil Bupati Sragen Periode tahun 2021-2026 yakni, pertama Meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, yang bisa dicapai dengan Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi, menurunkan angka stunting, Meningkatkan sarana prasarana pendidikan dan insentif guru.

Kedua, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih, inovatif, efektif terpercaya dan bersinergi dengan pelayanan publik berbasis teknologi. Dapat diwujudkan dengan optimalisasi Mall Pelayanan Publik (MPP), Pembangunan Pemda terpadu, peningkatan nilai SAKIP, opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP), peningkatan profesional ASN, hingga peningkatan pengelolaan keuangan daerah berbasis IT serta penyelenggaraan keamanan dan ketertiban dalam masyarakat.

Ketiga, Meningkatkan pertumbuhan ekonomi, investasi dan Ketahanan pangan, dengan meningkatkan, produksi pertanian secara luas, investasi daerah, sarana perdagangan Pasar Tradisional, stabilitas harga pokok, koperasi yang sehat, kapasitas UMKM dan destinasi pariwisata.

Keempat, Menangani kemiskinan memperluas kesempatan kerja. Dengan menurunkan angka kemiskinan hingga satu digit, meningkatkan produktivitas tenaga kerja, penanganan korban bencana hingga penanganan Penyandang Masalah Kesejahteraan Sosial (PMKS).

Kelima, Mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan serta berwawasan lingkungan dengan semangat gotong royong. Dengan meningkatkan, infrastruktur baik jalan maupun jembatan, sarana air bersih, drainase, Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), sarpras perhubungan, pembangunan masyarakat desa hingga pengelolaan sampah.

Bupati Yuni menambahkan sejumlah masalah yang harus dikebutnya dalam waktu dekat yang utama ialah penanganan Covid-19.

"Percepatan vaksinasi juga menjadi upaya menekan kasus Covid-19. Vaksinasi terus dilakukan setiap hari, tapi masalahnya tidak setiap saat vaksin tersedia. Setiap ada vaksin pasti kami suntikkan dan habis," kata Bupati.

Kemudian penurunan angka kemiskinan serta pemulihan ekonomi juga akan menjadi targetnya bersama Wakil Bupati-nya yang baru, Suroto.

Menurutnya, maju tidaknya program pembangunan daerah ditentukan oleh peranan dan kiprah Bupati dan Wakil Bupati Sragen.

"Kami mengharapkan kepada segenap Abdi negara, ASN, pejabat profesional dan seluruh anggota DPRD sebagai sesama mitra kerja pemerintah Kabupaten Sragen harus mampu dan mau menjembatani antara kebijakan Pemerintah Daerah dengan keinginan masyarakat, dan dapat secara bersama-sama mengurus urusan pemerintahan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sragen," harapnya. (Miyos_Diskominfo)