SIAGA MUDIK, 504 NAKES SRAGEN SIAP BERI LAYANAN KESEHATAN DI 7 POS

SRAGEN - Sebanyak 504 tenaga kesehatan (nakes) Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen siap melayani pemudik yang membutuhkan layanan kesehatan.

Layanan kesehatan itu berada di tujuh Pos pelayanan kesehatan mudik Hari Raya Idul Fitri tahun 2022.

Para nakes itu merupakan perwakilan dari Puskesmas dan Rumah Sakit (RS), baik RS swasta maupun RS milik Pemkab Sragen.

Pos pelayanan kesehatan tersebut tersedia selama 24 jam lengkap dengan tenaga kesehatan yang bertugas secara shifting.

Kepala Dinkes Sragen, dr. Hargiyanto, mengatakan para nakes tersebut ditugaskan untuk melayani Vaksinasi Covid-19 bagi pemudik, Sosialisasi bagi pemudik yang membutuhkan pelayanan vaksinasi atau tes Covid-19.

"Mereka ini bertugas mengecek vaksin dan pelayanan kesehatan lainnya. Sudah menjadi tugas dan pekerjaan mereka untuk terus melayani masyarakat meski lebaran," ujar Hargiyanto.

Ia menambahkan ada tujuh pos pelayanan kesehatan untuk para pemudik. Tujuh pos kesehatan itu tersebar di sejumlah lokasi mulai dari jalan arteri Sragen-Ngawi, jalur arteri Solo-Purwodadi, hingga jalur tol Solo-Ngawi.

"Jadi setiap pos pelayanan kesehatan itu ada satu dokter, dua perawat, dan satu sopir ambulance. Bila dibutuhkan rujukan maka langsung bisa dilakukan penanganan. Dengan kebutuhan empat personel per sif dan sehari minimal dua shift maka nakes yang diterjunkan itu tujuh posko kali delapan orang kali sembilan hari, terhitung sejak 28 April-8 Mei mendatang," lanjutnya.

Dengan adanya pos-pos pelayanan kesehatan pada mudik Lebaran 2022, Hargiyanto meminta kepada para pemudik agar dapat memanfaatkan layanan kesehatan untuk cek kesehatan guna meminimalisir risiko kesehatan selama perjalanan mudik.

"Mengingat masih dalam situasi pandemi, kami harapnpara pemudik untuk menjaga kesehatan agar tetap prima dan tetap mematuhi protokol kesehatan agar perjalanan mudik aman, sehat dan selamat sampai tujuan," harap Hargiyanto

Berikut Daftar Posko Pelayanan Kesehatan Bagi Pemudik di Kabupaten Sragen 2022 :
Pos Peyalanan Exit Tol Sragen Timur (Toyogo, Sambungmacan, Sragen), Pos Pengamanan Pilangsari, Ngrampal, Sragen, Pos Pengamanan Alun-alun Sragen, Pos Pos Terpadu Exit Tol Pungkruk, Sidoharjo, Sragen, Pos Pelayanan Rest Area Tol Km 519A Masaran, Sragen, Pos Pelayanan Rest Area Tol Km 519B Masaran, Sragen dan Pos Pengamanan Gemolong, Sragen.

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo