SIMULASI TANGGAP DARURAT KEBAKARAN DISELENGGARAKAN DI LAPAS KELAS II A SRAGEN

SRAGEN - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIA Sragen bekerjasama dengan Pemadam Kebakaran (Damkar) Sragen menggelar simulasi penanggulangan kebakaran

Simulasi itu dilakukan agar seluruh petugas dapat memahami cara penggunaan alat pemadam api ringan (APAR). Dalam rangka pengendalian resiko yang berkaitan dengan kegiatan kerja agar aman, kondusif, sehat, dan efisien.

Materi terkait penanggulangan kebakaran ini disampaikan Kabid Pemadam Kebakaran Satpol-PP Sragen, Sunardi di Aula Sasono Kridhotomo Lapas Kelas IIA Sragen, Rabu (15/9/2021).

Setelah memberikan materi secara lisan, petugas Damkar melakukan simulasi secara langsung kepada petugas Lapas di halaman depan aula.

Sunardi mengatakan metode yang digunakan dalam kegiatan simulasi ini ialah dengan pemadaman dengan cara tradisional dan modern.

Simulasi ini diikuti seluruh petugas Lapas sebagai salah satu bentuk deteksi dini atau langkah preventif untuk mengantisipasi kebakaran yang terjadi di Lapas.

Sunardi melanjutkan selain memberikan materi penanggulangan kebakaran, petugas Damkar siap menangkap hewan liar seperti ular hingga sarang tawon.

"Tugas Damkar tidak hanya memadamkan api, namun juga mengamankan hewan liar seperti ular hingga sarang tawon," katanya.

Sementara itu, Kepala Lapas Kelas IIA Sragen, Purwoko Suryo Pranoto mengucapkan terima kasih atas ilmu yang diberikan oleh Damkar Sragen kepada para karyawan Lapas.

Dirinya berharap berbekal ilmu penanggulangan kebakaran, seluruh petugas selalu siap siaga dalam mengatasi gangguan keamanan dan ketertiban salah satunya penanggulanagan bahaya kebakaran.

Selain itu dirinya tentu berdoa agar insiden kebakaran di Lapas maupun Rutan di Indonesia tidak terulang kembali. (Miyos_Diskominfo)