SRAGEN MULAI TERAPKAN E-TICKETING UNTUK KUNJUNGAN KE OBJEK WISATA

SRAGEN - Sragen mulai menerapkan program digitalisasi kepariwisataan, dengan dilaunchingnya sistem E-ticketing untuk masuk ke destinasi wisata. Tiket elektronik ini untuk memudahkan traveler yang berwisata di Bumi Sukowati.

Penerapan E-ticketing, diberlakukan kali pertama di Gunung Kemukus, Sumberlawang, sebagai brand baru wisata unggulan di Sragen. Nantinya, e-ticketing ini bisa diterapkan juga di objek wisata lainnya milik Pemkab Sragen.

Launching ditandai proses scan QR oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, di Alun-Alun Sasana Langen Putra Sragen, Jumat (27/5/2022).

Peluncuran aplikasi pembelian tiket secara online ini wujud kerja sama antara Pemkab Sragen, Bank Indonesia dengan Bank Jateng Cabang Sragen.

Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati menyambut baik adanya E-ticketing ini, selain mempermudah pelayanan wisata, rencananya digitalisasi juga akan diterapkan di sektor-sektor lainnya sebagai upaya transparansi dan meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Dan tentunya lebih akuntabel dalam pengelolaan pendapatan objek wisata.

"Dengan adanya pelayanan ini, saya minta dukungan penuh dari masyarakat, karena objek utama adalah masyarakat. Harapannya dengan sistem digital ini juga akan diterapkan di pajak restoran, pasar dan lain sebagainya," terang Bupati.

Pengunjung tak perlu lagi antre di loket masuk Gunung Kemukus untuk membeli tiket. Cukup buka ponsel dan gunakan aplikasi e-ticketing melalui alamat https://tiketwisata.sragenkab.go.id/front/index.php untuk membeli tiket secara online alias daring.

Dengan diterapkannnya QRIS maka akurasi pencatatan Pendapatan Asli Daerah dari Retribusi akan terpantau tercatat secara realtime. Qris mampu mendeteksi seluruh aplikasi pembayaran uang eletronik dari Bank maupun Non Bank yang sudah berizin oleh BI menjadikan proses transaksi lebih cepat mudah dan terjaga keamanannya.

Sementara Deputi Kepala Perwakilan BI Solo, Gunawan Purbowo, berkomitmen mendukung digitalisasi transaksi di Kabupaten Sragen. Festival ini digelar di Sragen karena sudah maju dalam penerapan digitalisasi transaksi keuangan.

"Sekarang meluncurkan e-ticketing untuk transaksi pengunjung yang masuk ke objek wisata New Kemukus yang nantinya bisa diaplikasikan di objek wisata lainnya di Sragen. Dengan diluncurkannya e-ticketing diharapkan digitalisasi transaksi di Sragen lebih menggema di Soloraya dan nasional," harap Gunawan.

Berikut cara membeli tiket Gunung Kemukus secara online :

✔️Buka link di : https://tiketwisata.sragenkab.go.id/front/index.php
✔️Login/daftar dengan email pribadi
✔️Pilih Waktu yang akan dikunjungi
✔️Pilih Jumlah peserta yang berkunjung
✔️Klik bayar, kemudian akan mendapat id billing 10 digit : 260105XXXX
✔️Pembayaran melalui : ATM Bank Jateng, Internet Banking Bank Jateng, Transfer dari bank lain
✔️Transaksi berhasil dibuktikan dengan mendapatkan email dari etiketsragen@gmail.com

 

Penulis : Miyos_Diskominfo

Editor : Yuli_Diskominfo