BAZNAS SRAGEN : PENGUMPULAN DANA ZAKAT NAIK SECARA SIGNIFIKAN DITAHUN 2021

SRAGEN – Pengumpulan dana ZIS (Zakat, Infak, dan Sedekah) di Kabupaten Sragen naik secara signifikan pada tahun 2021. Dari data yang dilaporkan, dana ZIS pada awal tahun 2021 tercatat sekitar 3 M, kemudian di akhir tahun 2021 mencapai 9,3 M.

Hal tersebut disampaikan Ketua BAZNAS Kabupaten Sragen, Drs. H. Mustaqim M.Ag pada acara Milad Baznas ke21 di Pendopo Sumonegaran Rumah Dinas Bupati Sragen, Senin (7/02/2022).

Pihaknya menyampaikan rasa terimakasih kepada Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati, dan seluruh jajarannya karena mendukung dalam pengelolaan dan pengumpulan dana ZIS melalui BAZNAS Sragen dilingkungan ASN, BUMD. Menurutnya, pengumpulan dana ZIS meningkat pada tahun ini karena adanya surat edaran Bupati Sragen.

“Target kami ditahun 2022 ini sekitar 10,2 M. Namun kami mohon dukungan dari Pemerintah Kabupaten Sragen untuk optimalisasi agar target ini dapat tercapai dengan mudah,” ungkapnya.

Dengan dukungan Pemerintah daerah melalui surat edaran Bupati, pengumpulan dana ZIS tersebut menjadi optimal. Sehingga kebutuhan operasional sarana prasarana seperti mebeler, armada mobil operasional untuk pendistribusian sembako, dan uang tunai bagi fakir lansia jompo ke setiap pelosok kecamatan juga dapat dilakukan setiap bulannya.

“Kami harus menyantuni BCL (Bhakti Cinta Lansia) untuk mereka yang sudah tidak dapat bekerja, tidak produktif, kita cari sampai pelosok-pelosok untuk yang sangat membutuhkan,” jelasnya.

Perkembangan teknologi informasi juga dilakukan sebagai salah satu upaya yang dilakukan BAZNAS untuk mempermudah perolehan data yang terhubung dengan seluruh OPD dengan aplikasi SIMBOLKIN (Sistem Penanggulangan Kemiskinan Terpadu). Selain itu, dibangun pula “Smart BAZNAS System Manajemen Adminitrasi Terpadu” berbasis web, sehingga dokumen persuratan, pengajuan proposal serta permohonan bantuan akan tersimpan dan ditrackng posisinya melalui online.

Bersamaan Milad Baznas ke-21 BAZNAS Sragen, selain me-launching program pengentasan kemiskinan bersama Pemda Sragen, dilaksanakan pula penyerahan bantuan RTLH dan santunan anak yatim dengan total pendistribusian dana zakat sebesar Rp 209.350.000.

Sementara Wakil Bupati Sragen, H. Suroto dalam sambutannya mengatakan zakat merupakan salah satu kewajiban umat muslim yang harus dikeluarkan kepada yang membutuhkan dengan syariat yang ditetapkan. Sejalan dengan hal tersebut, melalui upaya pengentasan kemiskinan dan pertumbuhan pergerakan ekonomi masyarakat, Pemkab Sragen dan BAZNAS melaksanakan penandatanganan nota kesepahaman tentang penyaluran dana zakat.

Usai sambutan, dilaksanakan Launching Program pengentasan kemiskinan yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Pimpinan Baznas RI, dilanjutkan penyerahan Baznas Sragen Award kepada Bupati Sragen sebagai muzzaki/munfiq terbaik tahun 2021, Dinas Dukcapil sebagai OPD atas pelaporan muzzaki atau munfiq terbaik tahun 2021, RSUD dr. Suhadi Priyonegoro Sragen sebagai pertumbuhan pengumpulan zakat terbaik tahun 2021, dan Kantor kemenag Kab Sragen sebagai pelapor penunaian zakat system payroll.

 

Penulis : Mira_Diskominfo

Editor   : Yuli_Diskominfo