BUPATI PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI PRAMUKA KE-60

SRAGEN - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen gelar upacara peringatan Hari Pramuka ke-60 di Pendopo Rumdin Bupati Sragen, Minggu (15/8/2021).

Kegiatan dilakukan secara virtual dengan diikuti 20 Kwarran (Kwartin Ranting) di Kabupaten Sragen diwilayahnya masing-masing.

Upacara dipimpin oleh Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati selaku Ketua Majelis Pembimbing Cabang (Mabicab) gerakan Pramuka Kabupaten Sragen.

Upacara diawali dengan menyanyikan lagu Kebangsaan Indonesia Raya, dengan dilanjutkan pengucapan Pancasila, Pembukaan UUD 1945, Dasa Darma, dan Dwi Darma Pramuka.

Pada upacara, Bupati menyampaikan isi sambutan Ka Kwarnas, Budi Waseso, dikatakan bahwa tema Hari Pramuka dan peringatan 60 Tahun Gerakan Pramuka adalah “Pramuka berbakti tanpa henti dalam memasuki adaptasi kebiasaan baru dengan kedisiplinan dan kepedulian nasional”.

Hal tersebut didasarkan pada pandemi Covid-19 yang telah berlangsung sejak 2020, sehingga harus disiplin menahan diri, prihatin, dan berusaha membantu menanggulangi pandemi.

Sementara, Ka Kwarcab Kabupaten Sragen, Dedy Endriyatno mengatakan, upacara ini merupakan puncak acara hari Pramuka ke-60. Dimana sebelumnya telah diadakan rangkaian kegiatan, diantaranya ziarah ke makam pahlawan dan kegiatan donor darah.

"Kebetulan dari PMI Sragen, beberapa donor darah terjadi penurunan, seperti O dan AB, maka dari itu kami mengadakan donor darah," ujarnya.

Selain itu, dilaksanakan kegiatan lain yang sifarnya pelatihan yang dilaksanakan secara daring. Menurut Dedy, kegiatan pelatihan sangat diperlukan, mengingat dengan kondisi pandemi yang mengakibatkan generasi muda sekarang kurang berinteraksi karena harus dirumah.

"Kami bersyukur peserta pelatihan juga banyak, paling tidak bisa bermanfaat bagi generani muda," ucapnya.

Hal lain yang dilaksanakan adalah mendisiplinkan seluruh anggota gerakan pramuka untuk terus mematuhi protokol kesehatan. Supaya setiap anggota juga bisa mengedukasi keluarga dan masyarakat.

"Setiap anggota pramuka harus menjadi agen dari disiplin protokol kesehatan itu sendiri. Ini perlu saya tekankan agar kita menjadi teladan ditengah-tengah masyarakat," terangnya. (Mega_Diskominfo)