BUPATI YUNI PIMPIN UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN TAHUN 2021

SRAGEN – Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati pimpin upacara Peringatan Hari Pahlawan 2021 di Alun-Alun Sasono Langen Putro, Rabu (10/11/2021). Upacara diikuti oleh seluruh Aparatur SIpil Negara (ASN) di Lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen.

Pada upacara tersebut, Bupati Yuni selaku inspektur upacara membacakan pidato Menteri Sosial RI Tri Rismaharini yang mengatakan, semangat, tekad, dan keyakinan pahlawan, harusnya dapat menginsipirasi dan menggerakkan kita semua untuk mengemban misi bersejarah mengalahkan musuh bersama sesungguhnya, yaitu kemiskinan dan kebodohan. Hal tersebut sejalan dengan tema Hari Pahlawan 2021 “Pahlawanku Inspirasiku”.

“Kita mempunyai potensi besar dalam memenangkan perang melawan kemiskinan dan kebodohan. Tantangan terbesar yang dihadapi yakni dibutuhkannya kerja keras secara berkelanjutan dengan didukung inovasi dan daya kreativitas yang tinggi, serta semangat kewirausahaan yang kuat,” ungkapnya.

Sementara, ditemui usai upacara, Bupati Yuni mengatakan saat ini Sragen menjadi daerah dengan kategori sebagai kabupaten yang angka kemiskinannya tinggi. Presentase angka kemiskinan di Kabupaten Sragen mencapai 13,38 persen.

“PR kita masih cukup banyak untuk pengentasan kemiskinan. Kemiskinan yang cukup banyak itu kemiskinan karena masa pandemi ini, dan itu harus menjadi PR kita ke depan. Angka kemiskinan yang sebelumnya sempat turun, naik lagi setelah pandemi,” tuturnya.

Mengatasi hal tersebut, pihaknya berusaha menggandeng pihak swasta dan BAZNAS yang berwujud bantuan modal bagi para pelaku UMKM. Selain itu, Pemkab Sragen juga mempunyai program Desa Bebas Pengangguran yang saat ini diinisiasi oleh Bappeda.

“Kita juga punya program Desa Bebas Pengangguran yang saat ini diinisiasi oleh Bappeda, itukan dana juga kita arahkan kesana kita kolaborasikan dengan pengentasan kemiskinan ini. Ya mudah-mudahan dengan tekad bersama jadi angka penurunannya jelas,” ujarnya.

Lebih lanjut, di Hari Pahlawan ini Bupati berharap sesuai dengan tema “Pahlawanku Inspirasiku” harus diterjemahkan bahwa sebagai abdi negara harus memberikan pengabdian yang terbaik untuk bangsa.

“Kita terjemahkan dalam kerja dengan lakukan yang terbaik yang kita bisa. Dimanapun kita dan dalam posisi apapun, pengabdian untuk bangsa ini tidak boleh berkurang sedikitpun,” tegasnya. (Mega_Diskominfo)