KOMITMEN PEMKAB SRAGEN DALAM BENAHI INFRASTRUKTUR SECARA BERTAHAP

SRAGEN â€“ Mengawali tahun 2022 ini, Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati meresmikan hasil perbaikan dan pembangunan di tiga ruas jalan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Sragen Tahun Anggaran 2021.

Ketiga ruas jalan yang diresmikan diantaranya, jalan Sonorejo-Gondang (Gondang), Rabu (12/1/2022) sementara jalan Gondekan/Warung Ayu-Grogol/Kragilan dan Pungsari-Bukuran (Kalijambe) diresmikan hari ini, Kamis, (13/1/2022).

Peresmian tiga ruas jalan yang dilaksanakan mulai kemarin itu Bupati juga didampingi Wakil Bupati, Suroto, Sekda Sragen, Tatag Prabawanto dan Kepala DPU Sragen, Marija.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Sragen, Marija mengatakan ketiga ruas jalan yang diresmikan itu menggunakan konstruksi cor beton dan pelebaran hotmix.

Untuk ruas jalan Sonorejo - Gondang memiliki panjang 3,4 KM dan lebar 5 meter, jalan tersebut selesai diperbaiki pada akhir Juni 2021 lalu. Kemudian, ruas jalan Gondekan/Warung Ayu-Grogol/Kragilan selesai diperbaiki akhir tahun 2021 dan memiliki panjang 1,710 KM dan lebar jalan 5 meter.

Sementara ruas jalan Pungsari - Bukuran, Marija menjelaskan jika perbaikan jalan dengan panjang 6,5 KM dan lebar 5 meter tersebut mendukung Kawasan Strategis Pembangunan Nasional (KSPN). Untuk itu konstruksinya dibuat kombinasi antara cor beton dan Hotmix.

"Sesuaikan dengan lapangan, karena tanah yang labil kita cor, yang labil kita hotmix, pekerjaan ini diselesaikan tepat waktu dalam 45 hari," ujarnya.

Marija menambahkan, pada tahun anggaran 2021 DPU Sragen telah menyelesaikan 10 titik proyek peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan, sehingga kondisi jalan baik di Sragen sudah mencapai 81 persen.

Sementara pada tahun 2022 mendatang, DPU Kabupaten Sragen akan melanjutkan peningkatan infrastruktur jalan dan jembatan sebanyak 13 paket.

Diantaranya, Jalan Gambiran - Saradan, Jalan Kedungpit - Sapen, Jalan Kapten Tendean, Jalan Dung Nolo - Gringging, Jalan Wonotolo - Srimulyo, Jalan Pilangsari - Peloksepur, Jalan Made - Karangudi, Jalan Winong - Jambean, Jalan Ngebung - Manyarejo, Jalan Kauman - Cungul, Jalan Brambang - Wonorejo, Jembatan Ketro dan Jembatan Jati.

Usai meresmikan, Bupati Yuni menyampaikan diresmikannya ketiga ruas jalan itu sebagai bukti komitmen Pemerintah Kabupaten Sragen untuk terus memprioritaskan pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan.

"Alhamdulillah, ketiga ruas jalan yang diresmikan ini semoga mampu mempermudah akses lalu lintas dan mobilitas warga setempat khususnya. Sekaligus lmemperkuat perekonomiannya serta ekonomi daerah kearah yang lebih baik dan besar," terangnya.

Bupati berpesan kepada masyarakat agar dapat bersabar supaya satu-persatu target perbaikan infrastruktur dapat segera terwujud.

"Saya harap masyarakat harus bersabar, karena menuju baik itu juga perlu proses dan harus bertahap, Insya Allah jalan-jalan kabupaten yang rusak segera diperbaiki," pesannya.

Reporter : Miyos_Diskominfo
Editor : Yuli_Diskominfo