TUTUP TAHUN 2021, PEMBANGUNAN GEDUNG RSUD TANGEN SELESAI 100 PERSEN

SRAGEN - Jelang tutup tahun 2021, pembangunan Gedung Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tangen, Sragen, selesai tepat waktu.

RSUD tipe D yang berlokasi di Dukuh Brakbunder, Desa Katelan, Kecamatan Tangen ini ditargetkan akan beroperasi pada bulan Juni 2022 mendatang.

Hal itu disampaikan Bupati Sragen, dr. Kusdinar Untung Yuni Sukowati saat mengecek hasil pembangunan RSUD Tangen didampingi Wakil Bupati, Suroto, jajaran Asisten Setda Sragen dan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen, dr. Hargiyanto, Jumat (31/12/2021).

Dalam pengecekan itu, Bupati Yuni juga memastikan kualitas bangunan bagus. Mulai dari melihat langsung lorong-lorong bangunan, kamar-kamar pasien, ruang operasi dan radiologi.

"Alhamdulillah, tepat waktu secara umum sudah bagus. Tinggal paving, pagar, saluran, dan penataan lingkungan lainnya harus tuntas dulu baru bisa operasional. SDM juga disiapkan sekaligus, terutama mencari tenaga kesehatan dan dokter spesialis. Ya, paling lama Juni bisa operasional. 23 Juni tahun depan InsyaAllah operasional," katanya.

Bupati Yuni menambahkan pengelolaan RSUD Tangen ini harus dalam format Badan Layanan Umum Daerah (BLUD). Keberadaan RSUD Tangen ini dikatakan Bupati untuk mendekatkan pelayanan kesehatan kepada masyarakat di utara Bengawan Solo yang jangkauan jauh bila harus ke RSUD Sragen kota.

"RSUD ini insyaAllah bermanfaat. Warga di perbatasan Grobogan dan Ngawi memungkinkan untuk berobat ke sini. Kami memberikan pelayanan terbaik, bukan hanya gedungnya yang bagus, tetapi SDM-nya juga berkualitas. Kenapa saya melakukan asesmen para dokter? Salah satunya untuk kebutuhan direktur baru di RSUD ini," jelas Bupati Yuni.

Sementara Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Sragen, dr. Hargiyanto, menambahkan semua fasilitas yang menjadi syarat untuk RSUD tipe D, sudah terpenuhi. Termasuk kamar pasien yang berjumlah 50 unit.

Untuk pelayanan poliklinik kesehatan juga sudah disiapkan sambil berjalan. Di antaranya poli spesialis anak, spesialis bedah, spesialias penyakit dalam, dan spesialis kandungan.

"Kami sekarang tinggal penataan lingkungan, seperti pagar, paving, lampu, dan seterusnya. Untuk memenuhi target operasional Juni, kami juga proses menyiapkan kebutuhan sumber daya manusia (SDM)," pungkasnya. (Miyos_Diskominfo)